Hari Pertama Penerapan Perluasan Ganjil Genap di Jakarta, Ini 4 Fakta di Lapangan

Penerapan sistem ganjil genap di Jakarta Barat yang mulai diterapkan 9 September kemarin,

Hari Pertama Penerapan Perluasan Ganjil Genap di Jakarta, Ini 4 Fakta di Lapangan
TribunKaltim.Co/HO
Remaja putri yang ditilang karena tidak membawa SIM, STNK, tidak memakai helm juga di Traffic Light Jalan Raya Tomang, Senin (9/9/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO-Penerapan sistem ganjil genap di Jakarta Barat yang mulai diterapkan 9 September kemarin, banyak yang berbeda dengan wilayah lain yang terlebih dahulu telah diterapkan aturan ini.

Bukan hanya itu, bila beberapa pekan hanya dilakukan sosialisasi, namun hari pertama penerapan langsung dilakukan tindakan tilang bagi pengendara yang melanggar. 

Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 Tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap, penerapan tersebut dilakukan di 25 ruas jalan DKI Jakarta, termasuk wilayah Jakarta Barat.

Berikut fakta-fakta penerapan ganjil genap ruas jalan baru, yakni di traffic light Tomang Jakarta Barat pada Senin (9/9/2019).

1. Banyak pengendara belum tahu Tomang masuk wilayah ganjil genap

Salah satu pengendara yang terjaring adalah Imelda (38), dirinya ditilang di traffic light Tomang dari arah Grogol.

Imelda melanggar karena ia tidak tahu bahwa Jalan Tomang Raya telah masuk kawasan ganjil genap. Dirinya juga tidak tahu kalau kemarin sudah bukan masa sosialisasi ganjil genap.

"Saya tahu, memang ada perluasan ganjil-genap, tapi enggak tahu kalau hari ini mulai diberlakukan ke arah sini (Tomang), takut anak saya telat sampai sekolah di kawasan Daan Mogot," jelasnya di lokasi. 

Begitu juga Fabian (27), dirinya mengira ruas jalan yang terkena ganjil genap masih sebatas jalan yang mengarah ke Semanggi.

"Saya biasa lewat sini (Tomang) enggak kena, saya tidak kalau di sini ada ganjil genap. Saya tahunya arah Semanggi," ucap dia di lokasi yang sama.

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved