Berita Pemkab Kutai Barat

Penataan Kelembagaan Harus Berbasis Kompetensi dan Kinerja, Disusun Berdasarkan Anjab dan ABK

Penataan kelembagaan, ketatalaksanaan, kepegawaian dan pengawasan yang berbasis kompetensi dan kinerja

Penataan Kelembagaan Harus Berbasis Kompetensi dan Kinerja, Disusun Berdasarkan Anjab dan ABK
HUMASKAB KUBAR
Sekkab Kubar Yacob Tullur menyalami staf pada pembukaan presentasi kegiatan Anjab dan ABK di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Setkab Kubar, Barong Tongkok. 

SENDAWAR - Penataan kelembagaan, ketatalaksanaan, kepegawaian dan pengawasan yang berbasis kompetensi dan kinerja disusun berdasarkan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK).

"Karena itu, tersusunnya dokumen informasi jabatan dan kebutuhan PNS dalam jabatan seyogyanya sesuai dengan kondisi riil yang ada disetiap perangkat daerah (PD),"kata Sekkab Kubar Yacob Tullur, pada pembukaan presentasi kegiatan Anjab dan ABK, di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Kantor Setkab Kubar, Barong Tongkok.

Diketahui, kegiatan ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 41 Tahun 2018 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi PNS di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Tindaklanjut dari pemahaman yang baik tentang Anjab dan ABK ini sangat vital dalam rangka pemenuhan pelayanan publik yang prima. Menyadari akan tujuan akhir kegiatan ini, merupakan salah satu upaya mendukung revitalisasi birokrasi pemerintahan yang lebih baik.

"Oleh karenanya dalam penyusunan kembali dokumen informasi jabatan dan perhitungan kebutuhan PNS serta peta jabatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.

Dia mengimbau seluruh PD agar kooperatif menyampaikan informasi yang akurat dan riil guna mendukung suksesnya terselenggara kerjasama ini. Yakni, dimulai penyajian draft awal sampai hasil akhir nantinya. "Audit kinerja salah satu menjadi faktor pendukung penilaian WTP," terangnya.

Kerjasama yang dijalin Pemkab Kubar dan PT Sinergi Visi Utama (SVU) adalah untuk melakukan kajian awal sehingga nantinya akan diperoleh data akurat. Hal ini merupakan upaya bersama mendukung suksesnya penyelenggaraan pemerintahan seperti yang tertuang pada misi Kubar periode 2016-2021 pada butir ketiga.

"Yakni, reformasi tata kelola pemerintahan dalam upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah dan murah,"ucapnya.

Berikutnya, segala informasi ini yang diberikan tim PT SVU sangat berarti untuk menjadi masukan pertimbangan dan sarana yang baik bagi pemerintah, sehingga dapat diambil langkah yang tepat guna dan tepat sasaran yang tentunya dalam mendukung gerak pembangunan di Kubar
ke depannya.

"Terus terjalin sinergitas dengan Pemkab Kubar melalui Bagian Organisasi Tata Laksana dan PD lainnya sehingga kerjasama ini dapat berlangsung dengan sukses untuk menuju hari esok Kubar lebih baik daripada hari ini,"harapnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved