Berita Berau Terkini

Temui Wakil Bupati, Ini yang Disampaikan Para Penyelam Profesional di Pulau Maratua Berau

Karena itu, Perkumpulan Penyelam Profesional Berau (P3B) menemui Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo untuk memberikan masukan.

Temui Wakil Bupati, Ini yang Disampaikan Para Penyelam Profesional di Pulau Maratua Berau
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
Perkumpulan Penyelam Profesional Berau (P3B) menemui Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo untuk memberikan masukan tentang regulasi penyelaman, agar pariwisata di Pulau Maratua dan sekitarnya lebih tertata. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEBWakil Bupati Berau menemui sejumlah guide selam di Pulau Maratua. Pulau wisata ini selain dikenal memiliki bentangan panta yang indah dan panjang, pesono bawah lautnya juga tidak kalah eksotis.

Namun menyelam juga masuk kategori olah raga dan rekreasi yang esktrim.

Pengetahuan dasar sangat dibutuhkan agar para penyelam bisa nyaman dan aman selama menyelam.

Terhindar dari risiko kelumpuhan dan kematian akibat dekompresi, terseret arus atau disengat binatang berbisa yang ada di dalam laut.

Karena itu, Perkumpulan Penyelam Profesional Berau (P3B) menemui Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo untuk memberikan masukan.

“Mereka memberikan masukan, agar Pemkab Berau membuat regulasi tentang penyelaman, untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan para penyelam,” kata Yudhi Rizal, dari P3B kepada Tribunkaltim.co, Selasa(10/9/2019).

Menurut Yudhi Rizal, regulasi ini diperlukan agar pariwisata di Pulau Maratua tertata dengan baik. “Misalnya kehadiran kapal LOB (Life On Board), itu mestinya tidak boleh buang jangkar atau berlabuh di lokasi penyelaman. Karena itu sangat menganggu,” tegas Yudhi.

Pengelola LOB diminta berlabuh atau menambatkan kapal, jauh dari lokasi penyelaman, serta menyediakan perahu yang lebih kecil untuk menuju lokasi penyelaman.

Selain itu, pengelola resort dan LOB, maupun wisatawan yang membawa guide asing, juga diminta untuk tetap melibatkan guide lokal.

“Karena guide lokal lebih memahami kondisi di lokasi penyelaman. Mereka paham bagaimana konturnya, arus lautnya, waktu kapan ada pari manta, barracuda schooling (ikan barakuda yang mencari makan secara berkelompok).

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved