Kesehatan

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Resmikan Unit Transfusi Darah, Keluarga Pasien Bisa Persiapkan Kantung

RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan sebenarnya sudah aktif sejak izinnya keluar bulan Januari lalu dan untuk saat ini dapat menangani 2 pasien.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Resmikan Unit Transfusi Darah, Keluarga Pasien Bisa Persiapkan Kantung
TribunKaltim.co/Faris Dzulfiqar Fasya
Unit Transfusi Darah RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan yang berlokasi di Jl. MT Haryono No. 656 Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur telah diresmikan Selasa (10/9/2019) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Unit Tranfusi Darah (UTD) yang merupakan Unit pelayanan baru dari Rumah Sakit dr. Kanujoso Djatiwibowo atau RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan yang berlokasi di Jl. MT Haryono No. 656 Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur telah diresmikan Selasa (10/9/2019) sekita pukul 09.00 Wita oleh wakil gubernur (Wagub) Hadi Mulyadi S. Si, M. Si di Aula Sakura RSKD.

Dalam sambutannya Wagub mengajak masyarakat Kaltim untuk aktif mendonorkan darah.

"Masyarakat perlu memiliki kesadaran untuk mendonorkan darah karna nantinya kita tidak tahu jika yang membutuhkannya adalah sanak saudara kita, maka dari itu donorkanlah darah karna donor darah adalah sedekah" ucap Wagub Kaltim Hadi Mulyadi kepada Tribunkaltim.co.

Disamping itu UTD milik RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan ini merupakan sebuah inisiasi dimana RSKD merupakan RS pertama di Kaltim yang memiliki UTD sendiri, seperti yang dinyatakan oleh Direktur RSKD dr. Edy Iskandar Sp. PD, FINASIM., MARS.

"Ini yang pertama (fasilitas UTD di RS), baik di Balikpapan maupun di Kaltim, kami adakan sendiri dulunya kan hanya bank darah saja, dimana hanya untuk menyimpan darah dari PMI namun sekarang dapat mengambil donor disini RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, mengolahnya disini dan dan menyalurkan ke pasien disini juga" terang dr. Edy

Lanjutnya dr. Edy berharap bahwa adanya UTD di RSKD akan membantu pasien dan juga mengurangi beban PMI untuk kuota darah yang dipasok ke tiap RS.

"Kami harap UTD ini dapat membantu masyarakat, dan juga PMI agar layanan ke rumah sakit lain dapat dipenuhi dan tidak terlalu direpotkan untuk kebutuhan rumah sakit Kanujoso ini" ucap dr. Edy

"UTD ini memang dibentuk untuk tujuan membantu pasien-pasien yang kekurangan darah dan dalam keadaan emergency, sehingga sifat emergency inilah yang menyebabkan dibentuknya UTD Di RSKD dikarenakan jarak PMI yang cukup jauh" lanjutnya

Layanan di UTD RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan sebenarnya sudah aktif sejak izinnya keluar bulan Januari lalu dan untuk saat ini dapat menangani 2 pasien dalan sekali donor dan nantinya fasilitasnya akan ditingkatkan lagi sehingga mampu menampung pendonor lebih banyak lagi.

Kali ini Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Resmikan Unit Tranfusi Darah RSU Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan

Halaman
123
Penulis: Faris Dzulfiqar Fasya
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved