Breaking News

BREAKING NEWS Kabut Asap di Balikpapan, BMKG Sebut Kiriman dari Kebakaran Hutan Penajam Paser Utara

Titik-titik hotspot ini memiliki tingkat kepercayaanya, diantara 241 titik hotspot itu memiliki tingkat kepercayaan yang bervariasi

BREAKING NEWS Kabut Asap di Balikpapan, BMKG Sebut Kiriman dari Kebakaran Hutan Penajam Paser Utara
TribunKaltim.Co/BMKG Balikpapan
Sudah dua hari terakhir sejak selasa hingga Rabu (11/9/2019) kabut asap telah selimuti Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. BMKG Balikpapan sebut kabut asap di Kota Balikpapan berasal dari kebakaran hutan yang ada di Penajam Paser Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Sudah dua hari terakhir sejak selasa hingga Rabu (11/9/2019) kabut asap telah selimuti Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kali ini kabut asap tersebut dinyatakan hari sebelumnya bukan berasal dari Kota Balikpapan namun merupakan kiriman dari daerah lain yang terbawa angin alias dari luar Kota Balikpapan

Menyusuri lebih lanjut ke Kantor BMKG Balikpapan, prakirawan BMKG Balikpapan, Diyan Novrida, menyatakan kepada Tribunkaltim.co, pantauan terakhir dari BMKG Balikpapan terpantau 241 titik panas atau hotspot yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Timur

“Titik-titik hotspot ini memiliki tingkat kepercayaanya, diantara 241 titik hotspot itu memiliki tingkat kepercayaan yang bervariasi, dan titik hotspot dengan tingkat kepercayaan diatas 80 persen yang diprioritaskan” terang Diyan.

Dari pantauan terakhir BMKG Balikpapan, tidak terdeteksi titik hotspot di Kota Balikpapan, dari pemaparan diyan titik hotspot berasal dari daerah sekita kota Balikpapan.

“Memang ada beberapa titik panas hotspot dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen di daerah seperti Penajam, Paser, dan Samboja” terang Diyan.

Terkait kabut asap kiriman Diyan membenarkan bahwa arah angin yang menuju kota Balikpapan kebanyakan berasal dari tenggara, selatan, dan barat daya.

Kejadian itu beberapa kebakaran lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara yang kemungkinan besar kabut asapnya terbawa hingga ke Kota Balikpapan.

“Melihat dari titik hotspot dan arah angin kemungkinan besar memang berasal dari sana (PPU), karena untuk bulan-bulan ini variasi arah angin dari tenggara, selatan dan barat daya dan jika melihat posisi itu memang mengarah ke Balikpapan” ucap Diyan.

Terkait apakah kabut asap berpotensi akan mengganggu penerbangan atau tidak, sejauh ini Diyan memaparkan batas minimum jarak pandangnya masih aman untuk dilewati oleh pesawat terlebih untuk pesawat besar.

Halaman
123
Penulis: Faris Dzulfiqar Fasya
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved