Ibu Kota Baru

Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, Penumpang Bandara SAMS Balikpapan Diprediksi Naik 9 Persen

Adanya ibu kota baru RI nantinya diprediksi meningkatkan pertumbuhan penumpang di Bandara SAMS Balikpapan hingga 9 persen.

Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, Penumpang Bandara SAMS Balikpapan Diprediksi Naik 9 Persen
TribunKaltim.Co/Fachmi Rachman
Suasana Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur berdampak kepada bisnis penerbangan di Kalimantan Timur, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan atau Bandara SAMS Balikpapan.

Proses kegiatan pembangunan ibu kota baru RI nantinya diprediksi meningkatkan pertumbuhan penumpang di  Bandara SAMS Balikpapan hingga 9 persen setiap tahunnya.

"Kalau ditanya dari titik 2019 akan ada peningkatan (pertumbuhan penumpang) di 2020. Kita asumsikan kenaikkan 9 persen setiap tahunnya," kata General Manager Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha, Rabu (11/9/2019).

Nah, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diproyesikan pada 2025 mampu menampung kapasitas penumpang 30 juta pertahun. Saat ini kapasitas penumpang pertahun di Bandara Sepinggan Baru 5-15 juta  penumpang per tahun.

"Namun biasanya prediksi itu, ada margin eror 10-15 persen. Dengan Kebijakan pemerintah yang kita yakini melakukan pemindahan pegawai, penumpang pasti berkumpul, dan meningkat di SAMS Sepinggan. Tapi itu kan 5 tahun lagi," ungkapnya.

Ia pun berharap adanya pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan Timur. Otomatis hal itu berdampak pada kenaikan pertumbuhan jumlah penumpang di bandara.

"Nanti 5 tahun lagi Bandara SAMS Sepinggan, catatannya bakal sama dengan 2018, sanggup melayani 7,5 juta penumpang," ucapnya.

Pasca diumumkannya Kaltim sebagai IKN baru oleh presiden Joko Widodo, hal itu membuat angka pertumbuhan penumpang bandara SAMS Sepinggan Balikpapan naik kendati tak signifikan.

"Belakangan 7 ribu per hari, diperkirakan sekarang 7200 sampai 7300 penumpang," ucapnya.

Bahkan maskapai seperti Lion Air dan Citilink berencana dalam waktu dekat melakukan penambahan penerbangan masing-masing satu.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved