Berita Pemkab Kutai Barat

Jadi Lokasi Tower 150 MV, Pemkab Berharap 75 Kampung di Kubar Segera Teraliri Listrik

Pemkab Kubar dan PLN tentu saja sangat ingin seluruh wilayah Kubar teraliri listrik, namun untuk proses perluasan jaringan memerlukan waktu

Jadi Lokasi Tower 150 MV, Pemkab Berharap 75 Kampung di Kubar Segera Teraliri Listrik
HUMASKAB KUBAR
Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan dalam Apel Bakti Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PT PLN di Kutai Barat. 

SENDAWAR - PT PLN sudah berjanji kepada Pemkab Kubar dan ditargetkan tahun 2020 Kecamatan Mook Manaar Bulatn dialiri listrik, dengan membangun Tower untuk menghubungkan jaringan listrik dari Kecamatan Melak.

Untuk diketahui di Kubar saat ini masih ada 75 kampung yang betul-betul belum dialiri listrik.

Berdasarkan data terbaru saat ini terdapat 101 kampung dari total 190 kampung di Kutai Barat yang telah dialiri listrik, yakni 73 kampung dengan durasi 24 jam, 20 kampung dengan durasi 12 jam dan 8 kampung dengan durasi 6 jam.

Saat menghadiri Apel Bakti Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan SE memaparkan, banyak langkah dan upaya yang telah ditempuh Pemkab Kubar bersama PT PLN.

Keduanya dengan melakukan pertemuan dan agenda-agenda perluasan jaringan dimana kecamatan dan kampung yang belum teraliri listrik diupayakan agar mendapatkan listrik secara bertahab seperti di Kecamatan Bongan, Siluq Ngurai, dan Mook Manaar Bulatn.

Begitu juga untuk penambahan dan perluasan jaringan serta waktu operasional tentu perlu persiapan termasuk persiapan SDM, dimana dalam rekrutmen SDM tentu tidak hanya PLN tetapi melibatkan pihak-pihak lain yang bekerjasama dengan PT PLN dan dalam perekrutan juga harus mendapatkan persetujuan Pusat.

Pemkab Kubar dan PLN tentu saja sangat ingin seluruh wilayah Kubar teraliri listrik, namun untuk proses perluasan jaringan juga memerlukan waktu dan mekanisme.

Hubungan kerjasama Pemkab Kubar dengan PT PLN sangat baik, dan Pemkab Kubar sangat mendukung langkah dan upaya yang terus dilakukan oleh PLN untuk perluasan jaringan di Kubar, untuk menjangkau seluruh kecamatan yang ada, sehingga pemerataan betul-betul dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Sekali lagi Pemkab Kubar memberikan penghargaan kepada PLN yang sudah melayani. Wabup juga menyampaikan saat kita memiliki beberapa catatan kepada PLN.

Oleh sebab itu diharapkan PLN diharapkan bisa memperhatikan dimana masih ada 75 kampung di Kubar yang belum teraliri listrik. Oleh sebab itu kerjasama yang baik ini kita harapkan bisa terus berlanjut sampai seluruh kampung di Kubar bisa teraliri listrik.

Dengan demikian kita harus bersama-sama untuk mengingatkan dan PLN juga harus menyampaikan apa saja yang menjadi kendala dan hambatan bagi PLN dalam proses perluasan jaringan, dan Pemkab Kubar siap membantu memfasilitasi.

Dalam kesempatan yang sama Wabup menuturkan bahwa Kubar memiliki prospek yang sangat baik. Di mana Kubar nantinya akan menjadi pusat pertemuan listrik dari Bengkanai dengan kapasitas 150 MW dan sistim Mahakam dari Kota Bangun.

Kedua jaringan tersebut akan bertemu pada gardu Induk di Melak, dan apabila jaringan tersebut sudah tersambung makan Kubar tidak akan kekurangan listrik. Berapapun yang diperlukan akan terpenuhi, semoga satu atau dua tahun kedepan jaringan tersebut sudah bisa terealisasi karena kendalanya saat ini adalah pembebasan lahan tapak tower tetapi untuk pembangunannya PLN sangat siap. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved