Berita Pemkab Berau

Bertenaga Surya, Bupati dan Wabup Berau Resmikan IPA Semurut Penuhi Air Bersih Kampung

berkapasitas 20 liter/detik dengan didukung pembangkit listrik bertenaga surya sehingga menghemat biaya operasional.

Bertenaga Surya, Bupati dan Wabup Berau Resmikan IPA Semurut Penuhi Air Bersih Kampung
HUMASKAB BERAU
Bupati Berau Muharram didampingi Wakil Bupati Agus Tamtomo meninjau Instalasi pengolahan air (IPA) Kampung Semurut di Kecamatan Tabalar, Rabu (11/9/2019) usai meresmikannya. IPA tersebut akan melayani air bersih masyarakat di dua kampung, Semurut dan Buyung Buyung. 

TANJUNG REDEB - Instalasi pengolahan air (IPA) Kampung Semurut di Kecamatan Tabalar resmi beroperasi melayani air bersih masyarakat di dua kampung, Semurut dan Buyung Buyung.

Peresmian pengoperasian ditandai dengan pembukaan keran perdana oleh Bupati Berau, Muharram dan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, pada peresmian IPA Semurut, Rabu (11/9/2019).

IPA Semurut yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah berkapasitas 20 liter/detik dengan didukung pembangkit listrik bertenaga surya sehingga menghemat biaya operasional.

Saat ini IPA Semurut telah melayani sebanyak 408 sambungan rumah dan akan terus bertambah seiring dengan perluasan jaringan air ke seluruh pemukiman warga.

Tidak hanya di Semurut dan Buyung Buyung, PDAM Tirta Segah juga melayani air bersih masyarakat untuk masyarakat yang bermukim di Pisang Pisangan yang berada di wilayah Semurut. Air bersih ke daerah ini masih diangkut menggunakan kapal.

“Kami dari PDAM telah membangun hidran yang nantinya melayani air bersih untuk masyarakat di Pisang Pisangan,” ungkap Direkrut PDAM Tirta Segah, Saipul Rahman.

Selain untuk PDAM Tirta Segah bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Berau, juga tengah melakukan kajian untuk memperluas layanan hingga ke Kampung Tubaan, ibukota Kecamatan Tabalar.

Pemenuhan air bersih ke kampung ini ditegaskan Saiful Rahman bentuk komitmen pemerintah daerah yang ditegaskan Bupati Muharram dan Wabup Agus Tantomo untuk memastikan seluruh kampung terlayani jaringan PDAM.

“Ada peluang untuk bisa diteruskan sampai ke Tubaan, kita sudah bahas bersama PUPR untuk mengkaji pembangunan jaringan pipa hingga Tubaan,” jelasnya.

Sementara Bupati Berau, Muharram mengharapkan pembangunan IPA yang telah diresmikan tersebut dapat dijaga dan terpelihara dengan baik. Masyarakat yang menerima manfaat dari keberadaan IPA diharapkannya menjadikan sarana IPA sebagai milik bersama yang juga bertanggujawab untuk memastikan IPA berjalan dengan baik.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved