Berita Pemkab Kutai Barat

Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut GTK, Yayuk Yapan Apresiasi Peningkatan SDM Guru PAUD Berkelanjutan

Diklat menghadirkan narasumber Ester Terviana, MPd selaku konsultan PAUD dari Semarang dan Syahran S.Pd dari Disdik Kubar

Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut GTK, Yayuk Yapan Apresiasi Peningkatan SDM Guru PAUD Berkelanjutan
HUMASKAB KUBAR
Para guru peserta Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut GTK PAUD se-Kutai Barat berfoto bersama di Aula Bankaltimtara Cabang Sendawar. Diklat ini digelar oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kutai Barat. 

SENDAWAR - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kutai Barat menyelenggarakan Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut GTK PAUD se-Kutai Barat di Aula Bankaltimtara Cabang Sendawar.

Diklat menghadirkan narasumber Ester Terviana, MPd selaku konsultan PAUD dari Semarang dan Kabid Pendidikan Non Formal, Disdikbud Kubar Syahran S.Pd.

Kegiatan yang digelar selama enam, 2-7 September ini dibuka langsung oleh Bunda PAUD Kutai Barat dan dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat, Ketua IGTKI Kabupaten Kutai Barat dan Pimpinan Bankaltimtara Cabang Sendawar serta diikuti 80 peserta terdiri dari pengelola dan guru PAUD.

Bunda PAUD Kabupaten Kutai Barat Yayuk Seri Rahayu Yapan dalam sambutannya berharap semoga melalui sukses terselenggaranya kegiatan ini dan terwujudnya peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Kutai Barat.

Yayuk juga menyebutkan selaku Bunda PAUD Kutai Barat patut mengapresiasi mulai dari organisasi kependidikan IGTKI hingga peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan ini.

"Terselenggaranya kegiatan ini serta keikutsertaan seluruh peserta merupakan bukti dan kepedulian nyata akan masa depan Kutai Barat. Diklat Berjenjang tingkat Dasar GTK PAUD Tingkat Dasar yang lalu, saya pun berharap semuanya berjalan dengan sukses namun tidak hanya pada kegiatan ini saja.

Sukses yang saya maksud lebih pada bagaimana Ibu, Bapak sukses mengimplementasikan setiap informasi, pemahaman, pengetahuan, ketentuan yang disampaikan sebagai intisari materi diklat ini," sebutnya.

Ia pun menegaskan bahwa kita punya tanggungjawab yang sama dalam memajukan pendidikan.

Berangkat dari pemahaman tersebut marilah kita bergandengan tangan mengoptimalkan kapasitas dan wewenang kita sukseskan kedilan, kemandirian serta kesejahteraan masyarakat Kutai Barat melalui perolehan pendidikan yang berkualitas semenjak usia dini.

Selanjutnya Yayuk menyampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini memberikan botol-botol minuman sebagai bentuk kampanye diet plastik atau meminimalisir penggunaan plastik.

"Dalam kampanye ini saya mengimbau kepada kita semua untuk menyelamatkan kelangsungan bumi ini dari limbah plastik, dimana plastik ini sungguh mencemari lingkungan karena tidak bisa terurai oleh tanah dan membahayakan jiwa dan raga," ujarnya.

Tidak hanya kita namun juga anak cucu kita dikemudian hari, oleh karenanya mari kita awali dengan rajin membawa botol minuman kita sendiri yang bisa lebih dari sekali penggunaannya dan sampaikan pada anak didik kita juga sejak dini agar ikut memerangi sampah plastik ini sebagai wujud kita cinta pada bumi.

Ketua Panitia Penyelenggara Hj Zaisi Harsandi dalam laporannya menuturkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kompetensi, pengetahuan, ketrampilan dan wawasan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan PAUD diwilayah Kutai Barat.

"Terima kasih untuk dukungan Bunda PAUD, Dinas Pendidikan, Penerbit Erlangga atas kerjasamanya, Bankaltimatara yang sudah menyediakan tempat dan seluruh Peserta serta pihak terkait lainnya yang sudah mensukseskan kegiatan ini hingga selesai nantinya", tuturnya.

Dengan wajibnya penggunaan Kurikulum 2013 yang menggeser pembelajaran KTSP 2006 dapat kita cermati bersama bahwa dalam K13 ini ditujukan agar dapat menghasilkan insan indonesia yang: Produktif, Kreatif, Inovatif, Afektif melalui penguatan Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan yang terintegrasi .(HMS11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved