Berita Pemkab Kutai Barat

Sebagai Wisata Pembelajaran, Doyo akan Ditanam di Hutan Kota Kutai Barat

"Penanaman tanaman Doyo dimaksud supaya generasi muda bisa mengetahui dan mengenalnya," kata Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan

Sebagai Wisata Pembelajaran, Doyo akan Ditanam di Hutan Kota Kutai Barat
HUMASKAB KUBAR
Pengurus Dekranasda Kubar melihat tanaman ulap doyo di kawasan hutan. Nantinya, tanaman ini bakal juga menghiasi Hutan Kota di depan Kantor Setkab Kubar di Sendawar. Tanaman doyo biasa dijadikan bahan tenun ulap doyo oleh masyarakat setempat dan menjadi primadona untuk diolah sebagai cinderamata khas Kutai Barat. 

SENDAWAR -Tanaman Doyo yang menjadi bahan baku pembuat kain tenun doyo, wacananya akan ditanam di hutan kota atau tepatnya depan Kantor Setkab Kutai Barat (Kubar), Jalan Sendawar Pusat Komplek Perkantoran, Barong Tongkok.

"Penanaman tanaman Doyo dimaksud supaya generasi muda bisa mengetahui dan mengenalnya," kata Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan melalui Sekretarisnya Yuyun Diah S, di kantornya, belum lama ini.

Selain itu, dengan ditanamnya di hutan kota dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan atau wisata pembelajaran (study tour) oleh sekolah-sekolah maupun universitas untuk mengembangkan kemampuan pembelajaran anak didiknya.

Dia menambahkan tenun doyo memiliki nilai jual yang baik dan dapat dijadikan salah satu primadona. Salah satunya, peningkatan pendapatan masyarakat di Kubar. Sehingga pengelolaan pun apabila dijadikan suatu industri, sangat menjanjikan.

"Oleh karenanya kearifan lokal khas Kubar ini patut dijaga dan dilestarikan dimasa kini oleh generasi muda dan masyarakat,"imbaunya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved