Dua Tahun Rawat Ibu Karena Menderita Stroke, Pemkab Jombang Akan Beri Pendampingan

Muhammad Gunadiono (11), bocah kelas 5 SD yang merawat ibunya yang terkena stroke sejak dua tahun lalu bisa bernafas lega.

Dua Tahun Rawat Ibu Karena Menderita Stroke, Pemkab Jombang Akan Beri Pendampingan
TribunKaltim.CO/HO
Muhammad Gunadiono (11), seorang murid kelas 5 SDN Gedongombo 2, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, saat menyuapi ibunya yang hanya bisa terbaring di atas ranjang karena stroke 

TRIBUNKALTIM.CO-Muhammad Gunadiono (11), bocah kelas 5 SD yang merawat ibunya yang terkena stroke sejak dua tahun lalu bisa bernafas lega.

Pasalnya, Pemerintah  Kabupaten Jombang, Jawa Timur akan membawa ibu bocah tersebut untuk berobat di rumah sakit.

Bahkan pemerintah setempat juga akan menerjunkan tenaga pendamping sosial guna mendampingi Muhammad Gunadiono (11).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Moh Sholeh mengatakan, Pemkab Jombang baru mendapatkan laporan terkait kondisi Umiati (46), ibu dari Gunadiono, pada Kamis (12/9/2019).

Berdasarkan penelusuran, diketahui bahwa keluarga Umiati sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), serta Kartu Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

Berbekal kartu tersebut, keluarga itu berhak menerima pelayanan dalam program pemenuhan kebutuhan dasar yang menjadi hak keluarga miskin yang difasilitasi pemerintah.

"Tetapi masalahnya sekarang kan bukan soal itu lagi. Ada masalah psikologi keluarga yang perlu kita dampingi," kata Sholeh saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/9/2019).

Dijelaskan, Pemkab Jombang akan menerjunkan para pendamping sosial untuk mendampingi Gunadiono, paman dan bibinya serta keluarga terdekat.

"Pastinya kami kirimkan pendamping sosial ke sana untuk mendampingi, meyakinkan keluarganya, agar Bu Umiati bisa dibawa berobat ke rumah sakit," kata Sholeh.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved