"Kekasih Modena" Ternyata Keduanya Pria, Kemungkinan Sahabat Gugur Saat Perang

Dua kerangka yang ditemukan bergandengan tangan dan dijuluki "Kekasih Modena" sebenarnta merupakan pria.

TribunKaltim.Co/HO
Inilah dua kerangka yang ditemukan bergandengan tangan di pemakaman Modena, Italia, pada 2009. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa identitas dua kerangka itu adalah pria 

TRIBUNKALTIM.CO-Dua kerangka yang ditemukan bergandengan tangan dan dijuluki "Kekasih Modena" sebenarnya merupakan pria.

Kerangka itu ditemukan di pemakaman pada 2009 di Modena, kota di kawasan utara Italia, dan diperkirakan berasal dari antara abad keempat hingga keenam.

Peneliti mengungkapkan dua kerangka tersebut.  Dua kerangka itu awalnya dikira sebagai pria dan perempuan, hingga peneliti Universitas Bologna mengembangkan teknik baru untuk menentukan gender.

Diberitakan Sky News dan The Guardian Kamis (12/9/2019) via Kompas.Com, tim ilmuwan menggunakan teknik menganalisa protein yang tertinggal dalam enamel gigi mereka.

Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Nature, saat ditemukan, sulit mengetahui jenis kelaminnya dikarenakan bentuk kerangka yang cukup buruk.

"Cara keduanya dimakamkan mewakili ekspresi di antara dua individu, dan bukanlah praktik pemakaman yang umum pada saat itu," demikian penjelasan peneliti.

Mereka ditemukan di pemakaman Ciro Menotti di Modena bersama 11 kerangka lainnya. di mana beberapa menunjukkan luka yang diakibatkan terjadinya perang.

Peneliti yakin, "Kekasih Modena" merupakan rekan perang, atau mungkin sahabat, yang terbunuh ketika konflik terjadi, dan dikuburkan di liang lahat yang sama.

Penemuan dua tulang-belulang yang bergandengan tangan, atau bahkan berpelukan, bukanlah hal baru. Antara lain "Kekasih Valdaro" di Provinsi Mantua yang berusia 6.000 tahun.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved