Ibu Kota Baru

Tim Survei Mendata Lahan Tiga Desa di Sepaku, Pertanda Bakal Jadi Lokasi Ibu Kota Negara Baru

Rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kaltim yakni sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara serius

Tim Survei Mendata Lahan Tiga Desa di Sepaku, Pertanda Bakal Jadi Lokasi Ibu Kota Negara Baru
Tribun Kaltim
Beberapa tim survei dari Kementerian Agraria melakukan pengecekan dan pemetaan lahan di tiga kelurahan, Sepaku yang diduga merupakan lokasi ibu kota negara. 

TRIBUNKALTIM.CO, SEPAKU - Rencana pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) yakni sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara tampaknya semakin serius digarap pemerintah pusat.

Pantauan Tribun di lapangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mulai menerjunkan tim verifikasi data dan survei kepemilikan lahan warga di Kecamatan Sepaku, PPU yang diduga kuat sebagai lokasi pusat pemerintahan (Ibu Kota Negara).

Tim survei ditempatkan di tiga desa dan kelurahan, Kecamatan Sepaku, yakni Desa Bukit Raya, Desa Bumi Harapan dan Kelurahan Pemaluan.

Mereka berkantor di kantor desa dan basecamp, gedung eks kantor Bank BPD Kaltim samping Kantor Camat Sepaku.

Tim survei dari Kementerian ATR/BPN melakukan pendataan selama 10 hari, 3-12 September. Selain melibatkan pegawai pusat, tim survei juga melibatkan warga lokasi.

Tribun mencoba mengunjungi Sekretariat Tim Verifikasi Data dan Survei di Kantor Desa Bukit Raya. Terlihat para tim sibuk mengerjakan tugasnya seperti melakukan input data.

Tak berselang lama, Tribun bertemu seorang anggota tim dari Jakarta, Hendra. Kepada Tribun, Hendra mengaku, dirinya bersama tim bertugas melakukan pendataan terkait status kepemilikan lahan warga.

Sementara ini, tim yang diturunkan masih berada di dua desa dan satu kelurahan di Kecamatan Sepaku.

"Ini masih tahap satu, nanti kemungkinan ada lagi. Tapi belum tau kapan, kita kan tergantung dari pimpinan saja," ujar pria ramah tersebut.

Saat ditanya spesifik tugas dan hasil data yang dilakukan tim, Hendra enggan berkomentar dan tidak memberitahu secara detail apa yang dilakukan tim selama berada di Sepaku.

Halaman
1234
Penulis: Aris Joni
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved