Berita Samarinda Terkini

Kabut Asap Kian Tebal, Jurnalis, Relawan & Kepolisian di Samarinda Bagikan Masker ke Pengguna Jalan

Kabut Asap di Samarinda semakin Tebal, Jurnalis, Relawan & Kepolisian di Samarinda Bagikan Masker ke Pengguna Jalan

Kabut Asap Kian Tebal, Jurnalis, Relawan & Kepolisian di Samarinda Bagikan Masker ke Pengguna Jalan
Tribunkaltim.co/ Christoper Desmawangga
BAGI MASKER - Wartawan, FKPM Kelurahan Pelita dan Kepolisian melaksanakan aksi sosial berupa pembagian masker ke pengguna jalan di persimpangan Gerilya dan persimpangan Cendrawasih, Minggu (15/9/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tidak hanya membuat maupun meliput berita, namun insan pers di Samarinda juga tergerak untuk melakukan kegiatan sosial berupa pembagian masker ke pengguna jalan.

Aksi sosial itu dilakukan, mengingat setiap harinya kabut asap di Kota Tepian (sebutan Samarinda) semakin tebal dan sangat berbahaya untuk kesehatan.

BERASAP - Beberapa transportasi air melintasi asap yang menyelimuti Sungai Mahakam Samarinda, Minggu (15/9/2019). Sejak tiga hari lalu asap pekat menyelimuti Kota Samarinda dan wilayah Kalimantan Timur akibat kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah daerah di Kaltim
BERASAP - Beberapa transportasi air melintasi asap yang menyelimuti Sungai Mahakam Samarinda, Minggu (15/9/2019). Sejak tiga hari lalu asap pekat menyelimuti Kota Samarinda dan wilayah Kalimantan Timur akibat kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah daerah di Kaltim (Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman)

Aksi sosial itu dilakukan sejumlah jurnalis, bersama FKPM Kelurahan Pelita, serta Kepolisian, pada Minggu (15/9) pagi tadi.

Dari pantauan Tribunkaltim.co di lokasi pembagian masker, masih banyak terlihat pengguna jalan, terutama pengendara kendaraan roda dua yanh tidak menggunakan masker, maupun jenis penutup hidup dan mulut lainnya.

Terdapat sekitar 150 kotak masker yang dibagikan, dengan titik pembagian di persimpangan Gerilya dan persimpangan Cendrawasih.

Wartawan, FKPM Kelurahan Pelita dan Kepolisian melaksanakan aksi sosial berupa pembagian masker ke pengguna jalan di persimpangan Gerilya dan persimpangan Cendrawasih, Minggu (15/9/2019). TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D
Wartawan, FKPM Kelurahan Pelita dan Kepolisian melaksanakan aksi sosial berupa pembagian masker ke pengguna jalan di persimpangan Gerilya dan persimpangan Cendrawasih, Minggu (15/9/2019). TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D (Tribunkaltim.co/ Christoper Desmawangga)

Tidak hanya membagikan, namun beberapa diantaranya langsung memasangkan masker ke pengendara jalan, terutama anak-anak yang dibonceng oleh orangtuanya.

"Pembagian masker ini untuk mengingatkan warga, agar senantiasa menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, mengingat kondisi udara yang tidak sehat karena asap," ucap Amir Hamzah, salah satu wartawan, Minggu (15/9/2019).

BAGI MASKER - Wartawan, FKPM Kelurahan Pelita dan Kepolisian melaksanakan aksi sosial berupa pembagian masker ke pengguna jalan di persimpangan Gerilya dan persimpangan Cendrawasih, Minggu (15/9/2019).
BAGI MASKER - Wartawan, FKPM Kelurahan Pelita dan Kepolisian melaksanakan aksi sosial berupa pembagian masker ke pengguna jalan di persimpangan Gerilya dan persimpangan Cendrawasih, Minggu (15/9/2019). (Tribunkaltim.co/ Christoper Desmawangga)

Lanjut dirinya menjelaskan, masker diperoleh dari sumbangan sukarela dari peserta aksi sosial. "Sukarela saja, dari wartawan dan relawan. Hari ini kita habiskan semua masker yang ada untuk dibagikan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua FKPM Kelurahan Pelita, Marno Mukti menambahkan, pembagian masker dilakukan karena asap yang masuk ke Samarinda semakin tebal.

Kendati sebagian besar masyarakat mengetahui mengenai adanya kabut asap, namun masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved