Berita Berau Terkini

Layanan Bandara Kalimarau Berau Ditutup, Jarak Pandang Tinggal 500 Meter,Penumpang Pilih Jalur Darat

Layanan penerbangan dari dan menuju Bandara Kalimarau, hari Minggu (15/9/2019) dipastikan ditutup, menyusul jarak pandang yang semain memburuk.

Layanan Bandara Kalimarau Berau Ditutup, Jarak Pandang Tinggal 500 Meter,Penumpang Pilih Jalur Darat
TRIBUN KALTIM/ GEAFRY NECOLSEN
Banyak penumpang pesawat yang akhirnya memilih melakukan perjalanan darat, karena layanan Bandara Kalimarau ditutup, akibat kabut asap yang semakin pekat. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Layanan Bandara Kalimarau Berau Ditutup, Jarak Pandang Tinggal 500 Meter,Penumpang Pilih Jalur Darat

Layanan penerbangan dari dan menuju Bandara Kalimarau, hari Minggu (15/9/2019) dipastikan ditutup, menyusul jarak pandang yang semakin hari semakin memburuk karena kabut asap.

Kepastian ini disampaikan oleh Kepala Bandara Kalimarau, Bambang Hartato saat dikonfirmasi Tribunkaltim.co pukul 9.47 wita tadi.

Bambang menilai, sejak hari Jumat lalu, jarak pandang terus menurun. "Dari 1.000 meter, kemudian hari Sabtu menjadi 600 meter dan hari Minggu ini jadi 500 meter.

Jadi layanan Bandara Kalimarau, terpaksa ditutup demi keselamatan penerbangan," tegasnya.

Apalagi, sejumlah maskapai yang Remain On Night (RON atau parkir) di Balikpapan juga membatalkan penerbanganya menuju Bandara Kalimarau.

Praktis, sudah dua hari ini aktivitas penerbangan di Bandara Kalimarau lumpuh.

Jarak pandang yang aman dalam dunia penerbangan minimal 3,5 kilometer. Dengan jarak pandang hanya sekitar 1 kilometer, membuat seluruh maskapai tidak diizinkan melakukan pendaratan maupun lepas landas.

Sejumlah penerbangan terpaksa ditunda, Kamis (22/8/2019), lantaran kabut asap tebal yang menyelimuti Kecamatan Teluk Bayur, lokasi Bandara Kalimarau berada.
Sejumlah penerbangan terpaksa ditunda, Kamis (22/8/2019), lantaran kabut asap tebal yang menyelimuti Kecamatan Teluk Bayur, lokasi Bandara Kalimarau berada. (TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN)

Bambang Hartato mengungkapkan sejak pukul 06.00 Wita hingga hingga berita ini dibuat dan ditayangkan, tidak ada aktivitas penerbangan di Bandara Kalimarau.

"Jarak pandang hanya 500 meter dan kami tidak berani untuk melakukan aktivitas,” tegasnya.

Halaman
123
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved