Berita DPRD Kalimantan Timur

Puji Setyowati Imbau Warga Kurangi Kegiatan Di Luar Rumah, Udara Tidak Sehat Imbas Karhutla

Dampak kebakaran hutan yang terjadi baru-baru ini menyebabkan kualitas udara tidak sehat khususnya di Ibukota Kalimantan Timur.

Puji Setyowati Imbau Warga Kurangi Kegiatan Di Luar Rumah, Udara Tidak Sehat Imbas Karhutla
HUMAS DPRD KALTIM
Puji Setyowati 

SAMARINDA - Dampak kebakaran hutan yang terjadi baru-baru ini menyebabkan kualitas udara tidak sehat khususnya di Ibukota Kalimantan Timur.

Meski Kaltim juga mengalami kebakaran hutan, namun kualitas udara yang menurun ternyata diduga imbas terbesarnya justru karena kiriman angin dari kebakaran di Kalteng dan Kalbar.

Untuk itu Anggota DPRD Kaltim Puji Setyowati mengimbau warga untuk menjaga kesehatannya dengan mengurangi aktivitas diluar rumah sementara waktu.

“Selain itu penggunaan masker juga penting untuk mengurangi bahaya asap yang terhisap saat bernafas. Kabarnya kabut asap sudah merata hampir diseluruh Kota Samarinda, tentu umumnya dampaknya bisa menyebabkan gangguan pernafasan, ini sangat berbahaya,” kata Politikus Demokrat ini.

Puji juga mengingatkan para orang tua untuk menjaga anak-anaknya dari bahaya dampak kabut asap yang sedang melanda Kota Samarinda mengingat anak-anak lebih rentan sakit.

Apalagi kabut asap juga melanda Kota Balikpapan, sehingga dengan meluasnya daerah yang terdampak akibat kebakaran hutan Puji berharap upaya penanggulangan kebakaran hutan bisa lebih digenjot.

“Masalah asap bukan sekedar masalah ringan, sebab asap mengandung racun yang sangat berbahaya. Bukan tak mungkin karena geografis kita bersebelahan dengan negara tetangga maka bukan hanya Samarinda yang mendapat kiriman asap kebakaran hutan,” urai Puji.

Politikus perempuan yang peduli dengan kesehatan lingkungan ini juga mengatakan bahwa dampak kebakaran hutan juga berimbas pada aktivitas penerbangan dari dan melalui Bandara APT Pranoto. Bahkan ia juga mengaku terkendala penerbangan saat akan kembali ke Kota Samarinda dari Jakarta. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved