Berita Pemkab Kutai Barat

Kabut Asap Makin Tebal, TP PKK dan Dinkes Kubar Bagikan Ribuan Masker Kepada Pengguna Jalan

Kegiatan tersebut dilaksanakan menyusul tebalnya kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Kutai Barat dalam tiga hari terakhir ini.

Kabut Asap Makin Tebal, TP PKK dan Dinkes Kubar Bagikan Ribuan Masker Kepada Pengguna Jalan
HUMASKAB KUBAR
Seorang anggota Tim Penggerak PKK Kutai Barat membagikan masker kepada sopir truk yang melintas di jalan raya, tepatnya di area perempatan jalan, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sabtu (14/9/2019). Pembagian masker ini menyusul kebakaran hutan lahan di wilayah itu yang dampaknya membuat pernafasan warga terganggu. 

SENDAWAR - Tim Penggerak PKK Kutai Barat membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di jalan raya, tepatnya di area perempatan jalan, Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Sabtu (14/9/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan menyusul tebalnya kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Kutai Barat dalam tiga hari terakhir ini.

Hal tersebut tentu saja menjadi perhatian berbagai pihak untuk mengantisipasi dampak buruk yang timbul, khususnya dari segi kesehatan seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) akibat menghirup udara yang tidak sehat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan dalam kesempatan ditemui mengatakan dalam kegiatan tersebut, dibangikan kurang lebih 36 box atau 1.800 masker gratis. Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap warga yang beraktivitas di luar ruangan dan terganggu dengan kabut asap.

TP-PKK Kabupaten Kutai Barat bersama pimpinan Bank Kaltimtara membagikan masker gratis untuk para pengendara mobil dan motor.Selanjutnya Ia menghimbau agar masyarakat mengenakan masker jika bepergian keluar rumah, khususnya anak-anak agar mengurangi aktifitas bermain di luar rumah mengingat kabut asap yang samkin tebal.

"Mari seluruh elemen masyarakat saling bergandeng tangan, menjaga kondisi diwilayah masing-masing dengan tidak membakar sembarangan, guna mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berdampak pada polusi udara seperti yang terjadi saat ini,semoga kabut asap di Kabupaten Kutai Barat segera berkurang dan udara kembali bersih sehingga aktivitas warga bisa berjalan lancar seperti biasanya",tandasnya.

Dari laporan harian hasil penanggulangan karhutla Polres Kubar, 13 September 2019 tercatat ada 15 titik kebakaran yang ditangani. Masing-masing di Mahakam Ulu (Mahulu) 2 titik dan 13 titik di Kubar.

Di antaranya Kampung Long Bagun Ulu Kecamatan Long Bagun dengan Luas lahan yang terbakar 0,5 hektar. Kemudian kampung Long Tuyoq Kecamatan Long Pahangai Mahakam Ulu seluas 1 hektar.

Sementara di eilayah Kutai Barat, ada di Kampung Tanjung Laong dan Muara Beloan Kecamatan Muara Pahu serta Kampung Kendesiq Kecamatan Siluq Ngurai, dengan luas lahan yang terbakar masing-masing kampung 0,5 hektar.

Kemudian Kampung Bekokong Makmur Kecamatan Jempang seluas 2 hektar. Sementara kebakaran cukup luas terjadi diKampung Terajuk Kecamatan Nyuatan di 5 titik dengan lahan yang terbakar seluas 6 hektar. Dan Kabakaran paling luas terjadi di Kampung Benung Kecamatan Damai dengan total lahan yang terbakar mencapai 9 hektar, di 3 titik.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved