Darurat Kabut Asap

Kualitas Udara di Riau Berbahaya, Ini Daftar 14 Lokasi Posko Rumah Singgah Warga Terdampak Asap

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis peta terbaru penyebaran Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Senin (16/09/2019).

Kualitas Udara di Riau Berbahaya, Ini Daftar 14 Lokasi Posko Rumah Singgah Warga Terdampak Asap
(KOMPAS.COM/IDON)
Kualitas Udara di Riau Berbahaya, Ini Daftar 14 Lokasi Posko Rumah Singgah Warga Terdampak Asap 

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis peta terbaru penyebaran Kebakaran Hutan dan Lahan ( karhutla), Senin (16/09/2019).

Provinsi Riau dan Kalimantan Tengah menjadi provinsi dengan polusi udara paling berbahaya dengan indeks kualitas udara masing-masing 339 dan 1939 mikron.

"Di Riau ada 58 titik panas dan Kalimantan Tengah ada 384 titik panas yang belum berhasil di padamkan," kata kata Pelaksana Harian Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya.

Video Pilihan:

Pemerintah Provinsi Riau sendiri telah mendirikan 'Posko Rumah Singgah Warga Terdampak Asap' yang tersebar di 14 titik lokasi di Kota Pekanbaru.

Posko tersebut di antaranya Rumah Jabatan Asisten 2, Rumah Jabatan Asisten 3, Aula Dinas Sosial Provinsi Riau, Aula Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Aula Bappenda Provinsi Riau, Aula Rumah Sakit Jiwa Tampan, Balai Rehabilitasi Sosial Anak Memerlukan Perlindungan Khusus (BRS-AMPK).

Sebaran Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Senin (16/09/2019).
Sebaran Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Senin (16/09/2019). (BNPB)

Kemudian Rumah Jabatan Kepala Dinas Sosial, Aula Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Kantor Dinas PUPR, UPT Industri Pangan, Olahan dan Kemasan Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Mal Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru, UPT Bapelkes Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dan Pusat Informasi Karhutla Rumah Jabatan Kepala Bappeda.

Kabut asap karhutla sangat pekat di jalan lintas Riau-Sumatera Barat di perbatasan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (12/9/2019).
Kabut asap karhutla sangat pekat di jalan lintas Riau-Sumatera Barat di perbatasan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (12/9/2019). ((KOMPAS.COM/IDON TANJUNG))

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau juga membuka pelayanan yang sama sehingga total Rumah Singgah di Provinsi Riau ada di 15 lokasi.

Peralatan seperti kasur lipat (velbed), tabung oksigen, regulator, tabung oksigen kecil, selang oksigen, alat pengukur tekanan darah, obat-obatan, hingga makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita serta perlengkapan medis lainnya telah tersedia di posko dan sudah sesuai standar Kementerian Kesehatan RI.

Halaman
123
Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved