Ibu Kota Baru

Pansus Pemindahan Ibu Kota DPR Terbentuk, Tak Ada Wakil Kaltim, Berikut Nama-nama Anggota Pansus

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR- RI) telah membentuk Tim Panitia Khusus (Pansus) Pemindahan Ibu Kota Negara

Pansus Pemindahan Ibu Kota DPR Terbentuk, Tak Ada Wakil Kaltim, Berikut Nama-nama Anggota Pansus
Tribunkaltim.co/IG @Jokowi
Peta Pulau Kalimantan yang jelaskan lokasi Ibu Kota Baru Republik Indonesia di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam, diumumkan pada Senin (26/8/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR- RI) telah membentuk Tim Panitia Khusus (Pansus) Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara terdiri 30 anggota mewakili Komisi 2, 3, dan 5 dari semua fraksi di DPR RI.

Sayangnya dari 30 anggota Pansus Pemindahan Ibu Kota tidak ada satu pun nama anggota DPR wakil Kalimantan Timur.

"Dari Kaltim tidak ada, karena kebetulan tidak ada wakil Kaltim yang duduk di Komisi 2, 3, dan 5 DPR RI periode 2014-2019," ujar Hetifah Sjaifudian saat dikonfirmasi Tribunkaltim.co, Senin (16/9/2019).

Menurut anggota DPR RI dari Dapil Kaltim ini, pembentukan Pansus Pemindahan Ibu Kota terkesan mendadak.

Hetifah menyayangkan, jika tidak ada wakil Kaltim yang masuk dalam Pansus Pemindahan Ibu Kota tersebut.

"Kalimantan Timur yang menjadi daerah tujuan pemindahan ibu kota baru harusnya ada perwakilan Kaltim yang duduk di pansus. Kami akan mencoba berusaha jika masih dimungkinkan ada perubahan," kata Hetifah yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi X.

Dengan terbentuknya Pansus Pemindahan Ibu Kota ini, Hetifah berharap tim pansus mendengarkan dan menelaah terlebih dahulu berbagai data dan informasi hasil kajian dari pemerintah.

"Jangan bersikap apriori," ucapnya. Meski demikian, sebagai perwakilan rakyat Kaltim, Hetifah siap memberi masukan kepada tim pansus, diminta maupun tanpa diminta.

"Kalau tidak ada perwakilan Kaltim, pansus harus pro aktif mendengar suara Kaltim dengan mengundang berbagai stakeholder melalui konsultasi publik," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: Sumarsono
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved