Parpol Balikpapan Dapat Dana Bantua Keuangan Rp 4.108 Per Suara, Begini Skema Perhitungannya

Setiap parpol yang dapat dana bankeu itu mengajukan 2 pagu atau 2 usulan anggaran. Pertama, mengikuti hasil perolehan suara Pemilu

Parpol Balikpapan Dapat Dana Bantua Keuangan Rp 4.108 Per Suara, Begini Skema Perhitungannya
KOMPAS/MAHDI MUHAMMAD
Ilustrasi mencoblos pada Pemilu 2019 - 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Balikpapan I Ketut Rasna, melalui Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga dan Pembinaan Politik (Halbinpol) Al Ghazali mengatakan pencairan dana bantuan keuangan (bankeu) partai politik (parpol) tahun 2019 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Setiap parpol yang dapat dana bankeu itu mengajukan 2 pagu atau 2 usulan anggaran. Pertama, mengikuti hasil perolehan suara Pemilu 2014. Kedua, perolehan suara Pemilu 2019," ujarnya.

Untuk Januari sampai Agustus, mengikuti perolehan suara di Pemilu 2014. Sedangkan September hingga Desember mengacu pada perolehan suara Pemilu 2019.

Dana bankeu dialokasi bagi parpol yang memiliki kursi di DPRD Balikpapan.

Periode Januari-Agustus yang mengikuti perolehan suara Pemilu 2014, parpol penerimanya yaitu Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura, Demokrat, PKS, Nasdem, PPP dan PBB.

Sedangkan periode September-Desember yang mengacu pada perolehan suara Pemilu 2019, PBB tak lagi sebagai penerima.

Lantaran tak memiliki kursi di DPRD Balikpapan. Sementara PKB dan Perindo masuk sebagai penerima dana tersebut, karena memiliki masing-masing satu kursi.

Skema dan perhitungan khusus untuk tahun 2019. Berdasarkan surat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri tentang pencairan bankeu parpol 2019.

"Untuk tahun 2020, kembali ke hitungan biasa. Yaitu Rp 4108 dikalikan jumlah perolehan suara," ujarnya.

Untuk diketahui, angka Rp4108 berdasarkan surat keputusan Wali Kota Balikpapan. Standarnya Rp1500. Besaran rupiah per suara sah itu tergantung kemampuan keuangan daerah.

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved