Darurat Kabut Asap

Kabut Asap Serang Kalimantan Timur, Usaha Transportasi Darat di Bandara SAMS Laris Manis

Bergeser ke samping hal serupa dikatakan oleh Nanda dari pihak Taxi Primkopau dan Aero Cab dimana jumlah penumpang mereka tuk tujuan Samarinda tinggi

Kabut Asap Serang Kalimantan Timur, Usaha Transportasi Darat di Bandara SAMS Laris Manis
TribunKaltim.co/Faris Dzulfiqar Fasya
Bandara SAMS yang awalnya dijadwalkan menuju APT Pranoto Samarinda disebabkan kabut asap yang sudah beberapa hari ini mengepung wilayah Kalimantan Timur. Dampak ini membuat penumpang jalur darat pun meningkat dari Bandara SAMS Sepinggan Kota Balikpapan ke Samarinda pada Selasa (17/9/2019) siang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pergeseran kedatangan penumpang penerbangan dari Bandara APT Pranoto Samarinda ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur sejak tanggal 15 hingga Selasa (17/9/19) berdampak cukup signifikan terhadap penggunaan fasilitas sarana angkutan darat bandara dimana terjadi peningkatan hingga 50 persen.

Pengalihan kedatangan pesawat menuju Bandara SAMS yang awalnya dijadwalkan menuju Bandara APT Pranoto Samarinda disebabkan kabut asap yang sudah beberapa hari ini mengepung wilayah Kalimantan Timur.

Dari pengakuan petugas registrasi angkutan seperti Taxi Primkopau, Aero Cab, maupun Travel Kangaroo dampak peningkatan penumpang mereka melonjak dari saat sebelum lumpuhnya akses menuju Bandara APT Pranoto.

Video Pilihan:

"Untuk kangaroo sendiri dampaknya cukup besar penumpang kami meningkat hingga seperti saat bandara APT pranoto belum dibuka" ucap eric leader petugas Kangaroo Bandara SAMS.

"Ya dari data kami untuk penumpang dua hari lalu sudah lebih kurangnya ada 400 jadi ditotal hingga kemarin lebih kurangnya 800 penumpang ini meningkat sampai 50 persen" tambahnya.

Bergeser ke samping hal serupa dikatakan oleh Nanda dari pihak Taxi Primkopau dan Aero Cab dimana jumlah penumpang mereka untuk tujuan Samarinda cukup tinggi.

"Kebanyakan penumpang kami memang untuk Kota Balikpapan dan yang yang terjauh itu Bontang, untuk ke Sanarinda sendiri lebih kurangnya meningkat 40 persen dari hari biasa" ucap Nanda

Sedangkan dari pihak Aero Cab menyatakan dikarenakan kabut asap yang menyelimuti APT Pranoto hingga dialihkannya penerbangan menuju Bandara SAMS, jumlah penumpang mereka bahkan dapat melonjak hingga dua kali lipat.

"Kalau biasanya sehari kami antar 40 penumpang karena ibaratnya terjadi penumpukan penumpang di SAMS hari sebelumnya kami bisa antar 60 bahkan 80 penumpang," ucap Iswan.

Halaman
1234
Penulis: Faris Dzulfiqar Fasya
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved