Kim Jong Un Berkeinginan Undang Donald Trump, Sulit Terwujud Tanpa Didahului Negosiasi

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkinginan untu mengundang untuk melakukan pertemuan ketiga dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Kim Jong Un Berkeinginan Undang Donald Trump, Sulit Terwujud Tanpa Didahului Negosiasi
TodayOnline/Reuters
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden AS, Donald Trump 

TRIBUNKALTIM.CO,SEOUL-Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkinginan untu mengundang untuk melakukan pertemuan ketiga dengan  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk datang ke ibu kota Pyongyang.

Bahkan menurut harian Korea Selatan (Korsel) yang mengutip sumber diplomatik berdasarkan surat yang dikirimkan pada Agustus lalu.

Harian JoongAng Ilbo dikutip Reuters via Asia One Senin (6/9/2019) via Kompas.Com, mengungkapkan, Kim mengundang Trump untuk datang ke ibu kota Pyongyang.

Pada 9 Agustus lalu, Trump mengatakan dia mendapat "surat yang sangat indah" dari Kim.

Namun, Washington tak menyebut apa isi suratnya. Sejak Juni tahun lalu, Trump dan Kim memang bertemu sebanyak tiga kali untuk membahas solusi mengenai penghentian program nuklir dan rudal Korut.

Namun sejak pertemuan terakhir yang berlangsung di desa kepercayaan Panmunjom yang berlokasi di Zona Demiliterisasi, belum ada progres menggembirakan.

Pertemuan pertaam terjadi di Singapura pada Juni 2018. Kemudian perundingan kedua berlangsung di Hanoi, Vietnam, akhir Februari lalu.

Namun pertemuan kedua yang berlangsung selama dua hari berakhir tanpa menghasilkan keputusan maupun pernyataan dari kedua pemimpin.

Sebabnya, AS meminta supaya Korut melakukan denuklirisasi total yang bisa mereka verifikasi. Sementara Korut meminta AS mencabut sebagian sanksi.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved