Darurat Kabut Asap

Kodam VI Mulawarman & Polda Kaltim Bahas Penanganan Karhutla, Hotspot Terparah di Kalsel & Kaltara

Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim Gelar Vikon Bahas Strategi Penanganan Karhutla, Titik Hospot Karhutla Terparah Ada di Kalsel dan Kaltara

Kodam VI Mulawarman & Polda Kaltim Bahas Penanganan Karhutla, Hotspot Terparah  di Kalsel & Kaltara
TRIBUN KALTIM/ ZAINUL
Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim, Irjen Pol Pryo Widyanto dalam kegiatan vikon di ruang Yudha Kodam IV Mulawarman. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sudah menyelimuti sebagian besar wilayah Kalimantan kini menjadi persoalan serius.

Ya, pasalnya karhutla tersebut sudah menyisakan dampak buruk terhadap kualitas udara bahkan kota Balikpapan juga ikut merasakan dampak buruk akibat karhutla tersebut yakni kabut asap.

Sehigga hal itu menarik perhatian Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim yang turut dibahas pada kegiatan vikon yang berlangsung Selasa (17/9) di ruang Yudha Kodam IV Mulawarman.

Vikon tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto beserta Kapolda Kaltim Irjen Pol Pryo Widyanto yang terkoneksi secara langsung di seluruh Dandim dan Polres yang ada di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Pasalnya ketiga wilayah provinsi tersebut merupakan titik karhutla terparah di Kalimantan.

Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan pihaknya sudah mengirim satu pleton personil TNI dari Yonzipur 17 untuk mengatasi persoalan Karhutla yang terjadi di kawasan kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Mayjen TNI Subiyanto mengatakan karhutla di wilayah PPU merupakan karhutla terbesar di wilayah Kaltim tahun pada tahun 2019 ini, dan mencapai seluas 110 hektare.

"Kodam VI Mulawarman beserta Kapolda Kaltim, Kapolda Kalsel, Kapolda Kalimantan Utara. Beserta kepala BPBD dan instansi daerah lainnya.

Ini membahas perkembangan terakhir yang ada di tiga wilayah tersebut kaitannya dengan kebakaran hutan dan lahan, yang saya tau mereka sudah berupaya untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang ada di wilayahnya," kata pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto

Lebih lanjut ia menjelaskan upaya pemadaman karhutla tersebut terdapat beberapa kesulitan yang menghambat aktivitas pemadam.

Halaman
123
Penulis: Zainul
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved