Darurat Kabut Asap

Miss Glam World 2019, Ratih Ayu Syafriza Terkejut saat Lihat Karhutla di Ibu Kota Negara Baru

Miss Glam world 2019, Ratih Ayu Syafriza meninjau langsung lokasi kebakaran lahan gambut di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Petung

TribunKaltim/Fachmi Rachman
Miss Glam World 2019, Ratih Ayu Syafriza sat meninjau lokasi karhutla di PPU. Selasa, (17/9/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO - Bertepatan hari kesembilan penanganan Karhutla di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), petugas dilapangan dikunjungi Miss Glam world 2019, Ratih Ayu Syafriza bersama rombongan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  

Miss Glam world 2019, Ratih Ayu Syafriza meninjau langsung lokasi kebakaran lahan gambut di RT 11 dan RT 12 Kelurahan Petung dan RT 03 Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam.

Sesampainya di lokasi kebakaran, Ratih Ayu Syafriza sangat terkejut melihat luasan lahan gambut yang terbakar hingga mencapai 110 hektare. Dan yang tak lepas dari pandangannya, adalah apresiasinya terhadap para petugas yang memadamkan api dan asap di lahan tersebut.

"Ini baru pertama kalinya saya meninjau langsung di lapangan, dan ternyata saya sangat terharu atas kegigihan para petugas untuk memadamkan api," ucapnya.

Bahkan, setelah berada di lokasi kebakaran, kondisi nyata tidak sesuai dengan opini yang selama ini ia dengar bahwa ada segelintir orang yang menyatakan bahwa pemerintah tidak maksimal menangani karhutla.

"Padahal, saya lihat langsung bagaimana petugas dengan maksimal memadamkan api," ungkapnya.

Diakuinnya, masalah utama Karhutla ini salah satunya kondisi kemarau panjang dan kondisi lahan gambut yang memunculkan api dari bawah tanah. Namun ucap dia, musibah yang diberikan tetap harus dihadapi dan diluar kewenangan manusia. Tapi, dirinya sangat mengapresiasi upaya petugas dalam menangani musibah karhutla tersebut.

"Kalau ada yang komentar diluar sana bahwa pemerintah tidak maksimal menangani karhutla. Mungkin dia tidak paham kondisi di lapangan. Jadi, pesan saya untuk teman-teman diluar sana, jika belum bisa membantu, minimal berikan supportnya. Jangan saling menyalahkan," tutur Ratih.

Diketahui, Ratih Ayu Syafriza yang mewakili Indonesia merupakan pemenang dalam ajang kecantikan Miss Glam World 2019. Ia menyabet dua penghargaan sekaligus dalam ajang yang digelar di Kota Kochin, Kerala, India, pada 21-28 April 2019 tersebut. Ratih juga dikenal sebagai aktivis lingkungan dan lulusan fakultas kehutanan di salah satu perguruan tinggi ternama.

Penulis: Aris Joni
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved