Berita Pemkab Mahakam Ulu

Sampaikan Nota Pengantar RAPBD 2020, Bupati Mahulu Fokus Penguatan Ekonomi dan Layanan Publik

Sesuai RPJMD Mahulu Tahun 2016-2021, fokus pembangunan yang telah ditetapkan pada 2020 yakni penguatan

Sampaikan Nota Pengantar RAPBD 2020, Bupati Mahulu Fokus Penguatan Ekonomi dan Layanan Publik
HUMASKAB MAHULU
Bonifasius Belawan Geh, Bupati Mahulu 

UJOH BILANG - Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menyampaikan Nota Pengantar RAPBD TA 2020. Sesuai RPJMD Mahulu Tahun 2016-2021, fokus pembangunan yang telah ditetapkan pada 2020 yakni penguatan ekonomi dan peningkatan pelayanan publik didukung tata kelola pemerintahan yang mantap.

Hal tersebut diungkap Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH saat menyampaikan Nota Pengantar tentang Penjelasan Pemkab Mahulu atas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RABPD) Kabupaten Mahulu Tahun Anggaran 2020.

Rapat Paripurna II Masa Sidang III Tahun 2019 dengan Agenda Penyampaian Nota Pengantar Ranperda APBD Tahun Anggaran 2020 berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bappelitbangda, Selasa (10/9).

"RAPBD TA 2020, hakekatnya target pencapaian kinerja yang terukur dari setiap urusan pemerintah daerah, proyeksi pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah yang dijadikan dasar penentuan prioritas program dan plafon anggaran menurut urusan pemerintah,"tambah Bupati.

Bupati menjelaskan, hal ini akan dijabarkan lebih lanjut dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA), masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dengan mengacu kepada kesepakatan kebijakan umum APBD dan Prioritas Program dan Plafon Anggaran sementara APBD.

"Yang telah ditetapkan dan ditandatangani bersama dalam Nota Kesepakatan Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Mahulu pada beberapa waktu yang lalu,"ungkap Bupati.

Penyusunan RAPBD TA 2020 merupakan bagian dari siklus pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Permendagri nomor 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Permendagri nomor 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah.

"Serta Permendagri nomor 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020,"ucap Bupati.

Dalam kesempatan ini Bupati juga berharap Rancangan Peraturan Daerah APBD TA 2020, dapat dibahas DPRD Kabupaten Mahulu lebih lanjut sehingga pada saatnya nanti dapat disetujui untuk disahkan menjadi APBD TA 2020.

"Semoga nota pengantar yang disampaikan kepada DPRD Kabupaten Mahulu ini, dapat diteliti dan dibahas lebih lanjut sehingga pada saatnya nanti dapat disetujui untuk disahkan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020,"harap Bupati.(HMS8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved