Dishub Kaltara Kaji Pembangunan Terminal Penumpang Antar Daerah, Berikut Rencana Lokasi-lokasinya

Pembangunan terminal penumpang antar daerah di Kalimantan Utara tengah dikaji Dinas Perhubungan Kalimantan Utara.

Dishub Kaltara Kaji Pembangunan Terminal Penumpang Antar Daerah, Berikut Rencana Lokasi-lokasinya
TRIBUN KALTIM / MUHAMMAD ARFAN
Salah satu armada bus Damri tengah menunggu penumpang di Terminal Pasar Induk Bulungan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pembangunan terminal penumpang antar daerah di Kalimantan Utara tengah dikaji Dinas Perhubungan Kalimantan Utara.

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Utara Taupan Majid mengungkapkan, saat ini direncanakan dua titik terminal yang akan melingkupi rute darat Tanjung Redeb (Berau, Kalimantan Timur)-Tanjung Selor dan rute Tanjung Selor-Malinau.

"Saat ini masih dalam tahap kajian. Artinya baru perencanaan. Kita harus cari lokasi yang strategis berdasarkan kajian yang kita susun itu," sebut Taupan, Kamis (19/9/2019).

Sejak Dioperasikan Jumlah Penumpang DAMRI di Kaltara Meningkat Tiap Tahun

Mengapa Bus Damri Belum Beroperasi di Bandara SAMS Sepinggan, Ini Alasannya

Ke depan, terminal penumpang akan diitegrasikan dengan dengan transportasi massal cepat untuk mengoptimalkan interaksi kebutuhan dengan pelayanan antar pusat-pusat kegiatan di Kalimantan Utara.

"Jadi terminal bukan hanya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang. Tetapi ada aktivitas ekonomi di dalamnya yang kemudian memberi keuntungan bagi dua daerah yang kita koneksikan itu," sebutnya.

Menurut Taupan, ada 2 klasifikasi terminal penumpang yang tengah dirancang. Pertama terminal penumpang tupe A. Terminal penumpang ini mencaup angkutan antarnegara, antarprovinsi, maupun antarkota dalam provinsi, serta angkutan kota dan angkutan pedesaan.

Dalam RTRW Kalimantan Utara sebutnya, telah dituangkan sebanyak 5 titik terminal Tipe A. Yakni di Tanjung Selor (Bulungan), Seimanggaris (Nunukan). Long Midang (Nunukan), Lumbis Ogong (Nunukan), dan Long Nawang (Malinau).

Mudik Gratis 2019, Perum Damri Siapkan 3 Titik Keberangkatan, di Pulau Jawa serta Kalimantan

Bus Damri kini Layani Rute Reguler Berau - Bulungan

Kemudian terminal penumpang Tipe B yang tujuannya untuk melayani kendaraan umum untuk angkutan antarkota dalam provinsi, angkutan kota, dan angkutan pedesaan meliputi Mensalong (Nunukan), Nunukan, Tideng Pale (Tana Tidung, dan Boom Panjang (Tarakan).

"Untuk terminal Tipe A kewenangannya ada di pusat. Akan tetapi kita dorong agar itu bisa direalisasikan. Makanya kami siapkan kajiannya. Untuk Tipe B adalah kewenangan provinsi. Saat ini kita masih dalam tahapan pengkajian untuk menentukan di mana titik pas terminal-terminal itu nantinya," sebut Taupan.

(*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved