Ibu Kota Baru

Menteri Perhubungan Sebut Transportasi Kereta Api Perlu Diwujudkan di Lokasi Ibu Kota Negara Baru

Jalan tol dan rel kereta api disebut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditanya tentang potensi konektivitas dan pembangunan infranstruktur

Menteri Perhubungan Sebut Transportasi Kereta Api Perlu Diwujudkan di Lokasi Ibu Kota Negara Baru
TRIBUNKALTIM.CO/FACHMI RACHMAN
Foto udara Desa Semoi Dua, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara ditetapkan sebagai lokasi ibu kota baru RI. 

TRIBUNKALTIM.CO -  Kota baru yang di dalamnya terdapat pusat pemerintahan negara diharapkan menjamin konektivitas antar daerah di sekitarnya.

Jalan tol dan rel kereta api disebut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditanya tentang potensi konektivitas dan pembangunan infranstruktur trasnportasi ibukota baru

Lebih lanjut, Budi Karya Sumadi menyebut Jalan tol Samarinda - Balikapapan, kemudian Balikpapan-Banjarmasin mesti sudah bisa dibangun sebagai penunjang konektivitas ibukota baru.

Bappenas Jelaskan Soal Kabar Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur Dikuasai Sukanto Tanoto

Menteri Perhubungan Kagum Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, 3 Tempat Ini Disebut Cantik

"Semestisnya kita akan membuat pusat kota, itu harus terhubung dengan baik dengan Balikpapan-Samarinda. Keterbukaan itu paling tidak dengan jalan tol dan kereta api," katanya, Kamis (19/9/2019).

Dijelaskannya, ada sekitar 250 ribu hektare laham yang akan direkomendasikan pemerintah provinsi Kalimantan Timur sebagai kawasan IKN.

Kunjungankerja menteri, salah satu agendanya adalah menginventarisasi infrastruktur yang sudah ada di Kaltim. Selain itu juga menggali dimana lokasi potensoia yang bisa mengembangkan infranstruktur perhubungan di kawasan calon ibukota baru.

"Kita tahu ada 2 bandara, jalan tol, itu modal bagi kita menjadikan Kaltim sebagai IKN. Lalu kita lihat, mana lagi yang potensial," tuturnya.

Budi Karya diajak melihat Tol Balikpapan-Samarinda, Samboja, kawasan Teluk Balikpapan, kawasan Pelabuhan Kariangau hingga naik kapal ke daerah Mentawir.

"Kita lihat secara kasat mata, over view dari Balikpapan menuju Samboja, melihat tol, teluk Balikpapan, Kariangau Pelabuhan, naik kapal ke Mentawor. Samboja menarik, dilalui jalan tol. Dia di belakangnya ada laut lepas. Kami lalu melihat alternatif lagi, di sekitar teluk Balikpapan juga menarik," bebernya.

Menteri Perhubungan Kagum Lokasi Ibu Kota Baru RI di Kalimantan Timur, 3 Tempat Ini Disebut Cantik

Penajam Jadi Lokasi Ibu Kota Baru, Ini Alasan Warga Desa Maruat Kabupaten Paser Ingin Gabung PPU

Saat ini pemerintah tengah menaikkan intensitas pembahasan akademik, mengkaji soal rencana pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.

"Dalam waktu dekat akan ada beberapa FGD, baik di sini atau di Jakarta, jadi dasar untuk merekomendasi dimana titik central government tadi," tuturnya.

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved