Ahli Bedah Mulut Se-Indonesia Berkumpul di Balikpapan Selama 2 Hari

Rakernas ini diikuti oleh sekitar 270 peserta yang rata-rata berasal dari kalangan dokter bedah mulut dan merupakan perwakilan dari 11 pengurus

Ahli Bedah Mulut Se-Indonesia Berkumpul di Balikpapan Selama 2 Hari
TribunKaltim.Co/Zainul
Ratusan dokter bedah mulut se Indonesia yang tergabung dalam persatuan ahli bedah mulut dan maksilofasial Indonesia (PABMI) merihkan kegiatam seminar dan Rakernas ke XIV di Hotel Novotel Balikpapan pada Kamis (19/9/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO - Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia menggelar Seminar dan Rakernas ke XIV Se Indonesia di Hotel Novotel Balikpapan.

Seminar dan rapat kerja nasional (Rakernas) itu berlangsung selama dua hari yang dimulai pada Kamis (19/9/2019) - Jumat (20/9/2019) dengan mendatangkan narasumber terbaik Indonesia serta dokter ahli dari India sebagai pemateri seminar.

Rakernas ini diikuti oleh sekitar 270 peserta yang rata-rata berasal dari kalangan dokter bedah mulut dan merupakan perwakilan dari 11 pengurus wilayah yang tersebar di Indonesia.

Diantaranya adalah Pengwil Sumbagut, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali Nusa Tenggara, Kaltengsel, Sulawesi, serta Kaltimtara sebagai tuan rumah.

Ketua Panitia Seminar dan Rakernas PABMI ke XIV Se Indonesia drg.Verawati Mohan, Sp., BM yang juga merupakan dokter dari RS Tentara DR. R. Hardjanto Balikpapan mengatakan Kegiatan yang mengusung tema “Improving the Professional Existence of Oral and Maxillofacial Surgeons through Advanced Skill and Knowledge” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan keahlian yang berkaitan dengan bedah mulut.

Dan meliputi materi tentang keilmuan, penelitian, dan teknik-teknik terbaru, agar semakin meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas hidup di bidang bedah mulut dan maksilofasial bagi seluruh masyarakat.

"Ini ada adalah sarana bagi kita untuk mengupdate ilmu kita, global interaksi antar negara go internasional, karena dengan ilmu yang semakin update meningkatkan mutu pelayanan kita pada masyarakat," katanya

Sementara itu, drg.Eviwati Sitanggang Sp.BM, Sekretaris Panitia Seminar dan Rakernas menuturkan kelainan yang berkaitan dengan bedah mulut sangat berpengaruh terhadap psikologis seseorang.

Singgah segera mungkin dapat ditangani atau diberikan solusi yang terbaik.

" Karena kelainan itu sangat berpengaruh dengan psikologis seseorang, selain itu juga peningkatan mutu pelayanan itu merupakan bagian dari standar akreditasi rumah sakit, jadi mutu rumah sakit itu artinya adalah pelayanan yang baik," jelasnya

Terpisah dari Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang mengaku turut mengapresiasi kegiatan seminar dan Rakernas tersebut, dirinya juga berharap kegiatan serupa menjadi percontohan agar kualitas pelayanan kepada masyarakat lebih meningkat lagi.

" Saya apresiasi sekali dengan kegiatan seperti ini, apa lagi ini kan berkaitan dengan peningkatan keilmuan dokter ahli, ya mudah-mudahan ini juga menjadi percontohan bagi yang lain karena kan tidak menutup kemungkinan juga berkaitan dengan sistem pelayanan kepada masyarakat," kata Rizal Effendi

Sementara itu, Ketua PABMI Pusat drg. M.Syafrudin, Sp.BM(K)., MPH.,P.hD menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini adalah dalam rangka silaturahmi dan menyusun serta mereview AD/ART, dan rencana kongres PABMI kedepan ataupun pertemuan ilmiah lainnya.

Selain itu juga akan ada rencana pembentukan Pengwil Kalbar, yang anggotanya juga sudah memenuhi syarat sesuai AD/ART.

" Diharapkan, dalam kegiatan ini para peserta mendapat ilmu yang lebih bermanfaat agar kedepan semakin dapat meningkatkan wawasan, kualitas, kinerja serta peran serta PABMI kedepan bagi bangsa dan Negara Indonesia," pungkasnya (*)

Penulis: Zainul
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved