Breaking News

BREAKING NEWS Tiga Tersangka Pelaku Karhutla di Kutai Barat Kalimantan Timur Diancam 5 Tahun Penjara

Satgas karhutla Kutai Barat dari Pemerintah, TNI dan Polri, kami berhasil mengamakan tiga pelaku pembakaran lahan.

BREAKING NEWS Tiga Tersangka Pelaku Karhutla di Kutai Barat Kalimantan Timur Diancam 5 Tahun Penjara
TribunKaltim.Co/Febriawan
TETAPKAN - Kasat Reskrim Polres Kubar AKP Ida Bagus Kade, menunjukan barang bukti dan para tersangka pemabkaran lahan yang diamankan Polres Kubar, (Jumat 20/09/2019).  

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Polres Kubar atau Kutai Barat Kalimantan Timur menetapkan 3 orang sebagai tersangka pembakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Ketiga tersangka itu adalah Taji (38), Minan (39)  warga Simpang Raya, Barong Tongkok dan Derius (39) warga Kampung Keay Kecamatan Damai, Kutai Barat

Akibat perbuatannya ketiga pelaku jerat dengan pasal 187 KUHP tentang pembakaran lahan, dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara.

“Atas ke sigapan tim Satgas karhutla Kutai Barat dari Pemerintah, TNI dan Polri, kami berhasil mengamakan tiga pelaku pembakaran lahan,” tegas Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan melalui Kasat Reskrim Polres Kubar AKP Ida Bagus Kade, Jumat 20/09/2019, pukul 11.00 Wita.

Selain mengamankan tiga tersangka, kepolisian juga mengamankan barang bakti milik ke tiga tersangka. Yakni, 3 korek api, dua bila parang, dan abu bekas batang pohon yang terbakar.

Dia menjelaskan penangkapkan ketiga palaku ini berawal saat Taji dan Minan membersihkan lahan seluas 2 Hektare di RT 2 Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat.  Untuk menanam sayur dengan cara mengumpulkan ranting-ranting pohon di dalam lokasi lahan. Kemudian menumpuk lalu dibakar.

Kemudian kedua tersangka meninggalkan lahannya untuk makan siang. Namun pada saat makan siang,kedua tersangka melihat ada kebakaran yang berasal dari lahan yang mereka kelola.

Melihat hal tersebut kedua tersangka tidak berani mendekati api dan tidak berusaha memadam api. Namun keduanya Taji dan Minan malah meninggalkan lahan yang terbakar dan pulang ke rumah. Semantara itu Derius diamankan di kampung Keay, kecamatan Damai Kutai Barat, Kalimantan Timur

Di mana pada (18/9/2019) pukul 17.00 Wita, tersangka mendatangi lahan miliknya di kampung Keay untuk membersihkan lahan dan kuburan keluarga.

Dilokasi lahan tersebut kemudian tersangka membakar batang  pohon disekitar kuburan keluarga. Sampai dengan pukul 18.00 Wita tersangka pergi meninggalkan lokasi untuk pulang ke rumah.

Halaman
1234
Penulis: Febriawan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved