Cadangan BBM Australia Hanya Bertahan 3 Minggu Bila Terjadi Perang di Timur Tengah

Lebih dari lima persen pasokan minyak dunia terganggu usai terjadinya serangan drone terhadap fasilitas kilang minyak milik Aramco

Cadangan BBM Australia Hanya Bertahan 3 Minggu Bila Terjadi Perang di Timur Tengah
TribunKaltim.Co/HO
Australia menggantungkan hampir 90 persen pasokan BMM dari luar negeri 

TRIBUNKALTIM.CO,CANBERRA-Lebih dari lima persen pasokan minyak dunia terganggu usai terjadinya serangan drone  terhadap fasilitas kilang minyak milik Aramco di Abqaiq dan Khurais di Arab Saudi,

Dengan serangan ini menunjukkan betapa rentannya pasokan minyak dunia, termasuk di Australia.

Diberitakan ABC Australia via Kompas.Com, untuk sementara Arab Saudi masih bisa dengan segera memperbaiki kerusakan yang terjadi dan produksi sudah hampir kembali normal.

Namun ancaman akan adanya konflik lebih serius di Timur Tengah masih sangat tinggi dan hal tersebut turut mengancam pasokan minyak bumi ke Australia.

Citra Satelit dan Data Intelejen Jadi Alasan AS Tuduh Iran Dalang Serangan Drone di Aramco

Pusat Pabrik Minyak Saudi Aramco Terbakar Diserang Drone, Kelompok Pemberontak Akui Lakukan Serangan

Amerika Serikat dan Arab Saudi mengisyaratkan adanya keterlibatan Iran dalam serangan terhadap fasilitas minyak tersebut.

Di AS, politisi garis keras dari Partai Republik sudah menyerukan perang terhadap Iran, namun Presiden Donald Trump mengatakan perang bukanlah opsi pertama.

Konflik terbuka di Timur Tengah tidak saja akan merusak infrastruktur perminyakan di kawasan tersebut, namun kerusakan yang lebih parah bisa terjadi, entah itu dilakukan pemberontak Yaman Houthi atau dilakukan oleh Iran.

Dan bila itu terjadi, Australia yang biasanya hanya memiliki cadangan minyak untuk tiga minggu mungkin akan mengalami masalah besar.

"Bila ada masalah besar, pasokan dan cadangan BBM sangat kecil dan pemerintah sendiri tidak memiliki cadangan minyak sama sekali," kata Purnawirawan Wakil Marsekal Udara John Blackburn, kepada ABC.

Pabrik Minyak Terbesar Arab Saudi Aramco Meledak Diserang Drone, Milisi Houthi Klaim Kirim 10 Drone

Kilang Minyat Dapat Serangan Drone, Arab Saudi Tetap Bangga Dengan Sistem Pertahanannya,

Sebagai perwira yang pernah menjadi wakil kepala staf angkatan udara Australia, Blackburn sudah melakukan tiga kali penelitian mengenai keamanan pasokan BBM Australia.

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved