Berita Pemprov Kalimantan Timur

Buka TIFAF 2019, Isran: Jadikan Kemeriahan Ini Semangat untuk Lestarikan Budaya Lokal.

Gubernur Kaltim H Isran Noor saat membuka TIFAF VII 2019 mengatakan acara ini semestinya bukan hanya berisi kemeriahan

Buka TIFAF 2019, Isran: Jadikan Kemeriahan Ini Semangat untuk Lestarikan Budaya Lokal.
HUMASPROV KALTIM/ADI SUSENO
Gubernur Kaltim Isran Noor (tengah) saat membuka TIFAF VII-2019 di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Minggu (22/9/2019). 

TENGGARONG – Diwarnai kemeriahan budaya antarbangsa, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) VII 2019 yang dirangkai dengan kegiatan Kukar Expo 2019.

Perwakilan budaya tujuh negara hadir dalam festival ini, baik sebagai peserta maupun peninjau. Perwakilan sejumlah provinsi di Indonesia pun tak ketinggalan turut memeriahkan kegiatan ini.

Gubernur Kaltim H Isran Noor saat membuka TIFAF VII 2019 mengatakan acara ini semestinya bukan hanya berisi kemeriahan karena kehadiran peserta tujuh negara dan budaya antarbangsa yang pasti berbeda-beda.

Lebih dari itu, Gubernur Isran Noor mengingatkan agar kemeriahan acara ini menjadi semangat untuk melestarikan budaya lokal.

“Jadi bukan semata-mata mendatangkan orang asing, tapi bagaimana agar budaya dan adat istiadat kita tetap terjaga,” ucap Isran Noor saat membuka TIFAF VII 2019 di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Kutai Kartanegara, Ahad (22/9).

Selebihnya Gubernur Isran Noor memberikan apresiasi kepada para tamu Kaltim, baik yang datang dari luar negeri, maupun para tamu dari provinsi lain di Indonesia.

Gubernur berharap agar festival ini bisa digarap sedemikian rupa dengan kreativitas yang terus berlanjut, sehingga Kaltim secara umum dan Kukar secara khusus bisa mengambil manfaat besar dari penyelenggaraan ajang ini.

Kaltim juga bisa belajar dari sukses pelestarian seni budaya dan adat istiadat dari negara atau daerah lain. “Setelah melihat budaya luar, seharusnya wawasan kita bertambah,” ucap Isran lagi.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kukar Sri Wahyuni mengatakan TIFAF VII 2019 di
gelar pada 21-29 September 2019 bertempat di Stadion Rondong Demang Tenggarong diikuti tujuh negara dari Council of International Organizations Folklore Festival and Folk Art (CIOFF) yakni Srilanka, Thailand, Belanda, Mesir, Rusia, Rumania, dan Timor Leste.

Pembukaan TIFAF dihadiri Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin, Bupati Kukar Edi Damansyah, Tim Pelaksana Calender of Event Wilayah Kalimantan Kementerian Pariwisata Tazbir Abdullah. (ky/sul/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved