123 Kepala Sekolah di PPU Dimutasi, Plt Kadiknas Sampaikan Pesan Ini

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mutasi 123 kepala sekolah setingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD)

123 Kepala Sekolah di PPU Dimutasi, Plt Kadiknas Sampaikan Pesan Ini
TribunKaltim/Heriani
Suasana penyerahan SK Bupati ke 123 Kepala Sekolah TK, SD dan SMP di Kabupaten PPU. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mutasi 123 kepala sekolah setingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP).

Penyerahan surat keputusan (SK) Bupati PPU tentang pengangkatan kepala sekolah TK, SD dan SMP Negeri, dilaksanakan di aula pertemuan lantai III kantor Bupati PPU, Senin (23/9/2019).

Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Daman mengatakan, seluruh kepala sekolah yang menerima SK Bupati hari ini, untuk secepatnya menempati sekolah baru mereka dan menyelesaikan persoalan keuangan pada sekolah lamanya.

Mutasi dilakukan untuk memberikan suasana baru sekolah-sekolah yang akan dipimpinnya.

Tak Terima Seorang Guru Dimutasi, Ratusan Orangtua Siswa Demo Minta Guru Dikembalikan

Daftar Lengkap Mutasi Polri Terbaru: Anak Eks Kapolri Ajudan Jokowi, Irjen Mas Guntur Pulang Kampung

Gubernur Kembali Mutasi Pegawainya, Hari Ini Lantik 22 Pejabat Termasuk 3 Kepala Dinas

Fokus Benahi PPU, Mutasi Tahap Tiga Akan Segera Dilaksanakan

"Untuk mengurangi kejenuhan, dari sekolah yang sudah lama, ke sekolah baru. Ada kepala sekolah yang promosi juga," katanya.

Daman mengungkapkan, sekitar 11 guru mendapatkan promosi, untuk mengisi posisi kepala sekolah yang sudah purna, diantaranya kepala SDN 005 Waru dan Kepala SDN 001 Sepaku.

Sebelum promosi, mereka telah menjalankan serangkaian seleksi, antara lain tes akademik, psikologi dan lainnya.

"Selain yang promosi, semuanya di rolling untuk penyegaran dari tempat yang lama ke tempat yang baru," tuturnya.

Surat Keputusan Bupati, diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PPU, Tohar. Atas nama pimpinan dan pemerintah daerah, ia menyampaikan selamat kepada kepala sekolah yang akan memimpin sekolah baru nantinya.

Tohar berpesan, masing-masing kepala sekolah di tiga tingkatkan tersebut adalah seorang leader. Fungsi leader atau pemimpin adalah mentransformasi hasil pikiran kepada perangkat sekolah, agar menentukan satu tujuan dan berkesinambungan untuk pencapaian.

"Kepala sekolah juga merupakan manejer. Ini yang belum dipahami secara luas, bahwa sebagai manejer, ia mengelola sumber daya aparatur, alat kelengkapan dan pembiayaan," terangnya.

Sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan Nasional, yang bertujuan menghasilkan anak didik berkarakter, kepala sekolah dan perangkatnya harus menciptakan pendidikan karakter dengan penguasaan ilmu pengetahuan, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Fokus Benahi PPU, Mutasi Tahap Tiga Akan Segera Dilaksanakan

Buka Gerbong Mutasi, Bupati PPU Lantik 69 ASN. Sebut Mutasi Hal Biasa Dalam Organisasi Pemerintahan

Mutasi Pejabat di Penajam Paser Utara Dilakukan Juli 2019, Ini Daftar Nama yang Disiapkan Bupati PPU

Tak Sudi Dimutasi ke di Liga 2 2019, Pemain Muda Ini Pilih Hengkang dari Persib Bandung

"Rasa itu bisa identifikasi, emosi terkandali yang ketika ia emosi tidak hanya berbicara soal dirinya saja, tapi juga orang lain," tambahnya.

"Kalau 3 dasar pendidikan karakter ini bisa ditransformasi ke anak didik kita, hakekat tujuan pendidikan nasional bisa termanifestasi," pungkasnya.

(*)

Penulis: Heriani AM
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved