Buaya Penyerang Wanita di Lapangan Golf Badak LNG Dievakuasi, Korban Diserang saat Memetik Kangkung

Buaya penyerang Sakiah (54) saat tengah memetik kangkung di area kawasan Badak LNG beberapa waktu lalu akhirnya diamankan petugas

Buaya Penyerang Wanita di Lapangan Golf Badak LNG Dievakuasi, Korban Diserang saat Memetik Kangkung
TribunKaltim/Ichwal Setiawan
Buaya jantan berukuran 2,60 meter ini harus dievakuasi petugas BKSDA ke Samarinda. Buaya penyerang Sakiah saat memetik kangkung di kolam Lapangan Golf Badak beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTIM.CO — Buaya penyerang Sakiah (54) saat tengah memetik kangkung di area kawasan Badak LNG beberapa waktu lalu akhirnya diamankan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur.

Buaya berjenis kelamin jantan ini berukuran 2,60 meter tersebut diamankan di lokasi berbeda dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), Sabtu (21/9/2019) malam.

Lima orang petugas dari BKSDA sebelumnya memonitor lokasi satwa itu berada selama tiga hari. Pihak BKSDA ingin memastikan jumlah satwa tersebut sebelum tindakan evakuasi dilakukan.

Warga Tangkap Buaya Dengan Panjang 4,2 Meter, Ditemukan Tombak Dalam Perut

Warga Berhasil Tangkap Buaya 4 Meter Lebih Ini, Pernah Mangsa Orang dan Ada Tombak di Tubuhnya

Menarik Disimak, Pertarungan Buaya dan Anakonda dan Sikap Taliban Atas Ucapan Donald Trump

Wanita Paruh Baya Ini Diserang Buaya di Kolam Area LNG Badak, Jempol Tangan Putus Paha Dicabik

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), BKSDA Kaltim, Rido mengatakan pihaknya harus mengevakuasi satwa tersebut sebab rawan terjadi konflik dengan manusia.

“Kolam di Lapangan Golf itu terhubung dengan sungai kecil mengarah ke arah muara,” ujar Rido saat menyampaikan penjelasan di Gedung Learning Center Badak LNG, Senin (23/9/2019).

Rido mengatakan, saat proses penangkapan pihaknya terpaksa mengubah rencana.

Pasalnya, pasca pembersihan gulma di sekitar kolam, buaya tersebut mendadak berpindah.

Akibatnya, petugas harus mengusir buaya ke lokasi sekitar muara agar lebih mudah ditangkap. Setelah tiba di lokasi tepat, tak jauh dari Marina Dock buaya tersebut ditangkap petugas.

“Rencana di awal kami bersihkan Gulma (Kangkung dan Enceng Gondok) dari kolam karena menjadi tempat sembunyi buaya. Ini dikhawatirkan menyulitkan proses evakuasi makanya kami bersihkan dulu. Namun setelah bersih buayanya pindah,” ujar Rido.

Ia menambahkan, nyawa sang ibu berhasil selamat diprediksi lantaran kondisi kolam saat itu masih dipenuhi oleh Gulma. Gulma ini menjadi memperlambat gerak satwa tersebut, beruntung nyawa korban berhasil selamat.

Lebih lanjut, pihaknya menyarankan agar Badak LNG memasang besi penghalang di pintu masuk air. Penghalang ini bertungsi agar satwa buaya tak lagi masuk ke dalam area kolam lapangan Golf.

“Sebenarnya kolam itu bukan habitatnya, tapi karena di situ ada ikan yang besar makanya buaya masuk di situ,”pungkasnya.

Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved