Liga Indonesia

Disanksi Komdis PSSI, Septinus Alua Persiba Balikpapan Ungkapkan Kronologis Insiden di Liga 2 2019

Bola fifty-fifty, kejadian di depan kotak penalti kami. Berbenturan dengan pemain lawan. Saya protes tapi pelanggaran untuk kita, wasitnya kasih kartu

Disanksi Komdis PSSI, Septinus Alua Persiba Balikpapan Ungkapkan Kronologis Insiden di Liga 2 2019
TribunKaltim.Co/Arif Fadilah
Septinus Alua saat menjalani debut bersama Persiba melawan Sulut United, Jumat (6/9/2019) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gelandang Persiba, Septinus Alua mendapatkan sanksi larangan bermain sepak bola di lingkungan PSSI selama enam bulan. Sanksi tersebut didapatkan Alua saat laga Persiba melawan tuan rumah Persatu Tuban, 14 September lalu.

Wasit Gedion F Dapaherang memberikan kartu kuning kepada Septinus Alua setelah berbenturan dengan pemain Persatu di menit 35. Stepanus Alua mengungkapkan kejadian tersebut hingga akhirnya dia diusir oleh wasit secara bersamaan.

"Bola fifty-fifty, kejadian di depan kotak penalti kami. Berbenturan dengan pemain lawan. Saya protes tapi pelanggaran untuk kita, wasitnya kasih kartu kuning saya kaget. Tujuan saya bukan pukul, karena kalau saya pukul pasti patah rahang atau giginya gitu," kata Septinus Alua kepada Tribunkaltim.co, Senin (23/9/2019)

"Mau dikasih kartu saya sebenarnya mau ambil kartu yang dia keluarkan. Karena keadaan emosi saya mau rebut kartu telat saya makanya tersenggol mukanya wasit. Jadi ya dia kasih keluar kartu merah," tambah mantan pemain Persija Jakarta itu.

Usai diberikan kartu merah, Alua pun tak melancarkan protes ke wasit. Karena menurutnya saat itu tidak merasa bersalah dan langsung bersalaman dengan wasit. Pemain asal Papua tersebut menyesalkan keputusan komdis PSSI.

Dia pun berharap banding bisa segera diterima. Karena kejadian itu dia tak ada unsur sengaja untuk memukul wasit. Bahkan Alua tak ingin komdis PSSI mensejajarkan dengan kasus yang dialami Oktovianus Maniani.

"Saya pikir keputusan komdis PSSI terlalu berlebihan. Jangan samakan saya dengan Okto Maniani, kalau dia memang jelas pukul wasit. Ya saya karena spontan gitu aja," kata Alua.

Pada laga tersebut Persiba Balikpapan kalah 1-0 dari Persatu Tuban. Gol dicetak oleh Jejen Zainal di menit 45 atau injury time babak pertama. Selain Alua, di laga tersebut Adam Maulana juga diganjar kartu kuning menit 33'.

Skuat Persiba Balikpapan saat ini tengah mempersiapkan laga melawan PSBS Biak, Sabtu (28/9/2019) di Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur, Liga 2 2019

Evaluasi tak pernah berhenti dilakukan pelatih Persiba Balikpapan, Satia Bagdja agar pemainnya berubah lebih baik.

Halaman
1234
Penulis: Arif Fadilah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved