Mentawir Desa Wisata di Ibu Kota Negara RI, Miliki Hutan Bambu Luas Bisa Kurangi Penggunaan Plastik

Desa Wisata Mentawir di Kalimantan Timur binaan Poltekba mendapat kunjungan dari Tim Penilai Kementerian Pariwisata RI.

Editor: Budi Susilo
TribunKaltim.Co/Budi Susilo
Lokasi wisata alam di hutan Mangrove, Kelurahan Mentawir, Penajam Paser Utara. Keberadaan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur kini mulai berbenah dan menambah tempat destinasi wisata. Kali ini Mentawir Desa Wisata di Ibu Kota Negara Republik Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Keberadaan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur kini mulai berbenah dan menambah tempat destinasi wisata. 

Kali ini Kelurahan Mentawir di Penajam Paser Utara menjadikan Mentawir Desa Wisata di Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Belum lama ini, pemerintah pusat melalui Presiden Joko Widodo telah umumkan bahwa Penajam Paser Utara menjadi kawasan lokasi ibu kota baru

Nah, kali ini Kelurahan Mentawir dinyatakan jadi tempat wisata berbasis kearifan lokal. 

Sumber daya alamnya masih terjaga, Kelurahan Mentawir banyak potensi, satu di antaranya, selain kekayaan hutan mangrove juga ada luasan hutan bambu yang bisa aset penting untuk menjadikan Mentawir Desa Wisata di Ibu Kota Negara yang favorit bagi wisatawan. 

Mengenai hal itu, Yogiana Mulyani, Dosen Pariwisata dari Poltekba Kalimantan Timur kepada Tribunkaltim.co pada Senin (23/9/2019) sore menjelaskan melalui sambungan telepon seluler WhatsApp. 

Dia menyatakan dalam rangka mendukung dan menjadikan Mentawir Desa Wisata di Ibu Kota Negara RI maka untuk dapat menjadi desa yang berkembang maka pusat wisata tidak hanya mengandalkan dari hutan mangrove saja.

Ada hutan bambu yang sangat luas dapat dimanfaatkan untuk memproduksi barang-barang berbahan dasar bambu.

"Seperti sedotan, gelas, piring dan lain-lain dimana hal tersebut juga dapat menyokong program pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik agar lebih eco friendly," ujarnya. 

Nah, belum lama ini juga, Desa Wisata Mentawir di Kalimantan Timur binaan Poltekba mendapat kunjungan dari Tim Penilai Kementerian Pariwisata RI

Sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai lokasi ibu kota baru Negara Republik Indonesia, dimana nantinya pembangunan akan dimulai pada tahun 2020.

Maka dari itu kawasan Kelurahan Mentawir yang terdapat di sana sedang agar dapat menjadi daerah tujuan wisata penyangga Ibukota. 

Dia jelaskan, kawasan Mentawir merupakan kawasan potensial dengan segala keindahan alamnya.

Termasuk di dalamnya hutan mangrove, hutan bambu serta wisata jeram sampai dengan wisata buatannya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved