Jadi Penyangga Ibu Kota Negara, Berau Diminta Siapkan Komoditas Bawang Merah dan Jagung

Tak hanya Kukar dan PPU yang harus menyiapkan lahan. Kabupaten/kota di sekitarnya pun dituntut untuk persiapkan diri sebagai daerah penyangga.

Jadi Penyangga Ibu Kota Negara, Berau Diminta Siapkan Komoditas Bawang Merah dan Jagung - berau-penghasil-bawang-merah.jpg
TRIBUN KALTIM/ GEAFRY NECOLSEN
Kabupaten Berau menjadi salah satu sentra penghasil bawang merah dan jagung. Kedua produk unggulan bidang pertanian ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan jika Ibu Kota Negara (IKN) benar-benar dipindahkan ke Kalimantan Timur.
Jadi Penyangga Ibu Kota Negara, Berau Diminta Siapkan Komoditas Bawang Merah dan Jagung - panen-bawang-merah-di-berau.jpg
TRIBUN KALTIM/ GEAFRY NECOLSEN
Kabupaten Berau menjadi salah satu sentra penghasil bawang merah dan jagung. Kedua produk unggulan bidang pertanian ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan jika Ibu Kota Negara (IKN) benar-benar dipindahkan ke Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Jadi Penyangga Ibu Kota Negara, Berau Diminta Siapkan Komoditas Bawang Merah dan Jagung

Rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur memerlukan banyak persiapan.

Tidak hanya Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara (PPU) yang harus menyiapkan lahan. Kabupaten/kota di sekitarnya pun dituntut untuk mempersiapkan diri sebagai daerah penyangga.

HUT Ke-66 Berau Panitia Siapkan 244 Stand Bakar Ikan,Ini Lokasi & Tata Cara agar Kebagian Ikan Bakar

Ini Alasan PT Buma Berencana Merumahkan Puluhan Karyawannya di Berau

BNK Berau: Kampanye Anti Narkoba, Kalah Menarik dengan ‘Marketing’ Narkoba

Dalam Sehari, 3 Lokasi Kebakaran Lahan di Kabupaten Berau

Salah satunya menyangkut ketahanan pangan. Kabupaten Berau, sebagai salah daerah penyangga, juga diminta menyiapkan komoditas pangan.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Mustakim.

Pemerintah pusat, melalui Menteri Pertanian, kata Mustakim, meminta Kabupaten Berau menjadi penyangga komoditas jagung dan bawang merah.

“Ini mereka sampaikan dalam pertemuan dengan Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu, kita diminta untuk menyangga dua komoditi untuk IKN,” ungkapnya, Jumat (27/9/2019).

Bukan hanya Berau, sejumlah daerah lainnya di Kalimantan juga mendapat tugas yang sama.

“Setiap daerah diminta menyiapkan komoditas yang berbeda. Seperti di Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara yang diminta menjadi penyangga komoditas padi,” jelas Mustakim.

Menanggapi permintaan pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan jagung dan bawang merah, menurut Mustakim, bisa direalisasikan.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved