Lahan di Sekitar Bandara Kertajati Terbakar Sabtu Sore, Ini Imbauan Kemenhub untuk Seluruh Bandara

Kebakaran yang diduga berasal dari lahan gambut terjadi di sekitar wilayah Bandara Kertajati pada Sabtu sore Pukul 18.00 WIB.

Lahan di Sekitar Bandara Kertajati Terbakar Sabtu Sore, Ini Imbauan Kemenhub untuk Seluruh Bandara
IST/Tribun Jabar
Lahan di sekitar Bandara Kertajati terbakar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Setelah peristiwa kebakaran di sekitar wilayah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati atau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (28/9/2019) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan langsung mengeluarkan imbauan khusus untuk semua bandara.

Sebelumnya, kebakaran yang diduga berasal dari lahan gambut terjadi di sekitar wilayah Bandara Kertajati pada Sabtu sore Pukul 18.00 WIB.

Tiupan angin yang cukup kencang membuat si jago merah cepat membesar dan sempat membuat kepanikan karena sumber kebakaran dekat dengan Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara di Bandara Kertajati.

Terkini Bandara APT Pranoto, Penerbangan Banyak Dialihkan ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

BREAKING NEWS - Kebakaran Lahan Dekat Bandara APT Pranoto Samarinda Tanpa Penanganan, Ini Alasannya

Kebakaran Besar di Kutai Timur, 137 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal, 4 Sarang Walet ikut Hangus

Kabut Asap Menipis, Semua Pesawat Bisa Landing di Runway Bandara Juwata Tarakan

Alibat peristiwa ini, beberapa penerbangan di Bandara Kertajati sempat mengalami gangguan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nur Isnin Istiartono di Jakarta, Sabtu (28/9/2019) mengatakan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengimbau kepada seluruh penyelenggara bandar udara untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan personel terhadap hal-hal yang dapat menjadi kendala jalannya operasional penerbangan 

Isnin menyampaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaaan tersebut diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan mengganggu jalannya operasional penerbangan.

"Kami mengimbau kepada penyelenggara bandar udara, untuk melakukan pengawasan secara terus menerus untuk mengamankan bandara demi terciptanya keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," katanya.

Isnin menyebutkan, kebakaran terjadi di ujung landas pacu (runway) 32 Bandar Udara Internasional Kertajati dan dapat dipadamkan oleh Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemandam Kebakaran (PKP-PK).

Akibat kebakaran tersebut, penerbangan maksapai Lion Air JT 950 rute Batam-Kertajati dan JT 902 rute Deliserdang-Kertajati dialihkan untuk mendarat menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

"Walau sempat dua maskapai divert menuju Bandara Soekarno Hatta, namun saat ini operasional penerbangan, takeoff dan landing sudah dapat dilakukan karena kebakaran telah dapat diantisipasi dengan cepat," kata Isnin.

Halaman
1234
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved