Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati Kubar Resmikan Pasar Sermai G-Jemoya Indah" di Kampung Muhur

Dengan pembangunan pasar ini akan menambah kemajuan prekonomian di Kampung Muhur dan Kecamatan Siluq Ngurai.

Bupati Kubar Resmikan Pasar Sermai G-Jemoya Indah
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat (Kubar) FX.Yapan didampingi sejumlah OPD dan masyarakat meggunting pita tanda peresmian Pasar Sermai G-Jemoya Indah bertempat di Kampung Muhur, Kecamatan Siluq Ngurai, Jumat (27/9/2019). 

SENDAWAR - Bupati Kutai Barat (Kubar) FX.Yapan didampingi sejumlah OPD dan masyarakat meresmikan Pasar Sermai G-Jemoya Indah bertempat di Kampung Muhur, Kecamatan Siluq Ngurai, Jumat (27/9/2019).

Peresmian ditandai pemotongan pita dan penandatanganan prasasti peresmian, dilanjutkan meninjau stand pasar.

Petinggi Muhur Johansyah menjelaskan pasar ini berdiri di tanah yang telah dihibahkan oleh warga Muhur dengan luasan kurang lebih setengah hektar. Tujuannya untuk pembangunan pasar tradisional warga setempat.

Dengan pembangunan pasar ini akan menambah kemajuan prekonomian di Kampung Muhur dan Kecamatan Siluq Ngurai.

"Pasar dibangun melalui dana desa tahun 2015 sampai 2019, upaya kampung Muhur selalu mempromosikan pasar, sehingga bisa dikenal luas,karean kami yakin dari pasar ini prekonomian dan kemakmuran masyarakat akan terciptakan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kubar FX.Yapan menuturkan dengan berdirinya pasar, gerak roda perekonomian kerakyatan bisa berjalan cepat.

Oleh karenanya kepada para produsen, seperti para petani dan peternak seputar wilayah kecamatan Siluq Ngurai khususnya, dan wilayah Kutai Barat umumnya dapat meningkatkan kapasitas , pengetahuan, pemahaman, keahlian dan keterampilan.

Hal ini demi terwujudnya peningkatan produktifitas usaha tanaman pangan dan peternakan menuju terwujudnya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat Kutai Barat.

"Dengan berdirinya pasar di Muhur akan meningkatkan sarana pemasaran hasil produktifitas masyarakat. Keberadaan pasar saya berharap para produsen mendapatkan kemudahan dan mampu meningkatkan kualitas produksi, dan memiliki daya saing pasar yang sehat," katanya.

Bupati Yapan berpesan untuk para pengelola manajemen pasar, bisa mengkoordinir pemanfaatan pasar ini dengan optimal, professional.

Pengelola dan para pedagang harus berkomitmen memelihara, merawat seluruh prasarana dan sarana ini dengan baik, serta menjaga kebersihan pasar ini. Juga kepada masyarakat Kampung Muhur dan sekitarnya.

"Saya berharap para warga agar dapat memanfaatkan bangunan pasar ini sebagai peluang bekerja dan berusaha agar dapat meningkatkan taraf hidup secara ekonomis. Roda pembangunan ini sangat membutuhkan sumbangsih dan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali," tandasnya.

Dalam kesempatan ini Bupati meminta masyarakat senantiasa turut perduli, terlibat dengan arah pembangunan, mau berkarya demi pembangunan, pengabdian tanpa mengenal pamrih dan tujuannya lebih pada kesejahteraan dan kepentingan orang banyak bukan pada keuntungan pribadi. (hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved