Berita Pemkab Kutai Barat

Tim Kemendikbud Validasi Warisan Budaya Kubar: Kuangkai, Beliant hingga Tenun Doyo

Tim yang datang adalah Supriyanto dan Nurjanah. Ada tiga warisan budaya tak benda (WBTB) yang divalidasi Tim Kemendikbud

Tim Kemendikbud Validasi Warisan Budaya Kubar: Kuangkai, Beliant hingga Tenun Doyo
HUMASKAB KUBAR
Tim Verifikasi dan Validasi Data Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI berkunjung ke Kutai Barat (Kubar), Rabu (25/9/2019). 

SENDAWAR - Tim Verifikasi dan Validasi Data Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Rabu (25/9/2019) berkunjung ke Kutai Barat (Kubar).

Emanuel, Kasi Sejarah dan Tradisi Disdikbud Kubar mengatakan, kedatangan tim Kemendikbud untuk melakukan verifikasi dan validasi data untuk output data serta informasi pendidikan dan kebudayaan.

Tim yang datang adalah Supriyanto dan Nurjanah. Ada tiga warisan budaya tak benda (WBTB) yang divalidasi Tim Kemendikbud. Yakni, Ritual Upacara Adat Kuangkai, Beliatn Bawo dan Pemayuq Doyo atau Tenun Doyo.

Sementara itu, Nurjana dari Tim Kemendikbud mengatakan program WBTB dikelola oleh Dirjen Kemendikbud sejak 2013. Program ini ditetapkan dengan tujuan untuk menjaga agar warisan budaya dari beragam suku di tanah air, tidak punah tanpa adanya generasi.

Langkah ini juga dinilai dapat menjadi jalan baru bagi pemerintah daerah untuk kembali menggaungkan karya budaya tersebut, di masyarakat. Selain itu, langkah ini juga dilakukan untuk membuat pemerintah daerah lebih peka terhadap warisan budaya yang terdapat di wilayahnya masing-masing.

WBTB dikategorikan menjadi lima yakni, tradisi dan ekspresi lisan, termasuk bahasa sebagai wahana WBTB, seni pertujukan, adat istiadat masyarakat, ritus dan perayaan, pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta. Terakhir kemahiran kerajinan tradisional. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved