1.470 Warga Sumbar Korban Kerusuhan Wamena Ingin Pulang Kampung, Butuh Dana Rp 2,5 Miliar

-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membutuhkan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar untuk memulangkan 1.470 warga yang menjadi korban merusuhan di wamena

1.470 Warga Sumbar Korban Kerusuhan Wamena Ingin Pulang Kampung, Butuh Dana Rp 2,5 Miliar
TribunKaltim.Co/HO
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyalami warga asal Sumbar di posko pengungsian di Wamena, Papua 

TRIBUNKALTIM.CO,PADANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membutuhkan anggaran sekitar Rp 2,5 miliar untuk memulangkan 1.470 warga yang menjadi korban merusuhan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Untuk dana tersebut rencananya akan dilakukan penggalangan dana, untuk memulangkan mereka ke kampung halaman masing-masing.

"Dari data sementara ada 1.470 orang yang ingin pulang. Diperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp 2,5 miliar untuk memulangkan mereka," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/10/2019).

Nasrul mengatakan, saat ini Pemprov Sumbar melakukan penggalangan dan dengan membuka rekening Sumbar Peduli Sesama untuk menampung bantuan dari masyarakat Sumbar yang ada di Sumbar maupun di perantauan.

Saat Kerusuhan Wamena, Penduduk Asli Selamatkan Warga Pendatang di Gereja

7.278 Orang Mengungsi Pasca Kerusuhan Wamena, Mereka Butuh Ikan dan Daging Ayam

"Hingga Senin kemarin sudah terkumpul Rp 433 juta. Hari ini, juga dilakukan penggalangan dana di Jakarta," ujar Nasrul Abit.

Menurut Nasrul Abit, bantuan dana terus mengalir dari berbagai organisasi perantau yang ada seperti Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang yang menjanjikan akan membantu Rp 1 miliar.

Kemudian dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar yang telah mengucurkan Rp 264 juta untuk membantu biaya 8 peti jenazah yang sudah dipulangkan dari Wamena.

"Baznas juga sudah bantu Rp 264 juta. Rp 64 juta untuk peti dan Rp 200 juta bantuan langsung yang dibawa saat tim mengunjungi Wamena," ujar Nasrul Abit.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mendata ada 1.470 orang warga asal Sumatera Barat yang ingin pulang dari Wamena, Papua ke kampung halamannya.

Menahan Tangis, Ustaz Abdul Somad UAS Tanggapi Rusuh di Wamena: Kita Adalah Nusantara

Ada yang Tak Pernah Ganti Pakaian hingga Alami Trauma, 6 Fakta Nasib Pengungsi Kerusuhan Wamena

Wagub Sulawesi Selatan Kunjungi Pengungsi di Kota Wamena, Bawa Bantuan Rp 1 Miliar

Pemprov Sumbar telah menurunkan tim yang dipimpin Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ke Wamena untuk melihat kondisi langsung warganya di sana pada akhir pekan lalu. (*)

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved