Berita DPRD Kutai Kartanegara

45 Anggota DPRD Kukar Ikut Orientasi di Balikpapan

Kegiatan orientasi ini digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim mulai 29 September-3 Oktober 2019.

45 Anggota DPRD Kukar Ikut Orientasi di Balikpapan
HUMAS DPRD KUKAR/MURDIAN
Seluruh anggota DPRD Kukar bareng anggota DPRD Samarinda, PPU dan Kutim mengikuti orientasi di Hotel Gran Senyiur Balikpapan mulai 29 September-3 Oktober 2019 

TENGGARONG - Sebanyak 45 anggota DPRD Kukar yang baru dilantik pada masa jabatan 2019-2014 mengikuti orientasi gabungan di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan. Kegiatan orientasi ini digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim mulai 29 September-3 Oktober 2019.

Plt Kepala BPSDM Kaltim, HM Aswin mengatakan, penyelenggaraan orientasi kali ini merupakan gelombang III dari Angkatan V, VI dan VII, yakni DPRD Samarinda, DPRD Kukar, DPRD PPU dan DPRD Kutai Timur. Total jumlah peserta orientasi mencapai 129 orang.

Kegiatan orientasi anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kaltim ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran DPRD dalam menjalankan tupoksinya, adapun sasaran mewujudkan sinergi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan daerah antara DPRD dan Pemerintah Daerah.

Anggota DPRD Kukar bareng anggota DPRD Samarinda, PPU dan Kutim mengikuti orientasi di Hotel Gran Senyiur Balikpapan mulai 29 September-3 Oktober 2019.
Anggota DPRD Kukar bareng anggota DPRD Samarinda, PPU dan Kutim mengikuti orientasi di Hotel Gran Senyiur Balikpapan mulai 29 September-3 Oktober 2019. (HUMAS DPRD KUKAR/MURDIAN)

"Dengan orientasi ini mereka dibekali dengan ilmu pemerintahan, mengenalkan tugas pokok dan fungsi dewan sebagai bagian dari pemerintahan, meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara," ujar Aswin.

Peserta akan mendapatkan materi pembelajaran wajib, yakni Pancasila, UUD 1945 dan wawasan kebangsaan.

Adapun materi pembelajaran pilihan, yakni Demokrasi dan Kebangsaan Indonesia, Sistem Pemerintahan Nasional dan Daerah, Kewenangan, Tugas dan Fungsi DPRD, Hubungan DPRD dan Pemerintah Daerah, Kepemimpinan dan Etika Pemerintahan, Penyusunan Peraturan Daerah, Pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, Etika Budaya Politik, Pengenalan Budaya lokal, Pengelolaan Keuangan Daerah dan Isu-isu Aktual.

Kegiatan orientasi kali ini menghadirkan beberapa narasumber, seperti Prof Ir Dr HM Aswin, MM, Drs Muchlis Syahrani, MBA, Prof Dr H Abdul Rachman, AF SE M.Si, Dr Sudarman M.Si, Drs Bere Ali M.Si dan Gubenur Kaltim Dr Ir H Isran Noor, M.Si yang menyampaikan isu-isu aktual. Acara orientasi anggota DPRD Kabupaten/Kota se-Kaltim ini dibuka langsung oleh Isran Noor. (adv/top)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved