Pancasila Pemersatu Bangsa

Walikota Tarakan Khairul menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2018) di halaman Kantor Pemkot Tarakan.

Pancasila Pemersatu Bangsa
HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT TARAKAN
Walikota Tarakan Khairul dan Wakil Walikota Tarakan Effendhi Suprianto bersama Forkompinda Kota Tarakan foto bersama seusai melaksanakan upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019) di halaman Kantor Walikota Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Walikota Tarakan Khairul menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2018) di halaman Kantor Pemkot Tarakan.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini bertema "Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia".

Upacara dihadiri Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto, Forkompinda, para asisten, kepala dinas, camat, lurah, pelajar dan mahasiswa, serta tamu undangan lainnya.

Khairul mengungkapkan, upacara Hari Kesaktian Pancasila mengenang tragedi G30S/PKI yang telah menewaskan tujuh jenderal, karena pemberontakan ingin mengganti ideologi Pancasila dengan komunis.

"Namun dengan semangat Pancasila yang sudah terbenam dan terbesit di jiwa bangsa Indonesia, makanya gerakan itu bisa ditumpas," ucap Khairul.

Orang nomor satu di Tarakan ini mengatakan, dengan adanya upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila memberikan pemahaman untuk generasi penerus bangsa Indonesia berikutnya.

"Bahwa kita sebagai warga negara Indonesia harus punya rasa untuk mempersatukan negara Indonesia ini, karena kita ini bangsa yang majemuk dengan berbeda suku, budaya agama dan ras," ucapnya.

Menurut Khairul, Pancasila adalah pemersatu Bangsa Indonesia. Apalagi di sila pertama menyatakan Ketuhanan yang Maha Esa.

"Artinya bangsa Indonesia ini harus memiliki agama dan tentunya agama yang kita percayai berbeda-beda. Ada agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu," ujarnya. (Advetorial)

Penulis: Junisah
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved