Berita Pemkab Kutai Barat

Pemkab Kubar Lanjutkan Pembangunan Jalan Muara Pahu Tembus Trans Kaltim

Pemkab Kubar melalui APBD Tahun 2020 telah menganggarkan melanjutkan pembangunan jalan dari Kecamatan Muara Pahu hingga jalan poros Trans Kaltim.

Pemkab Kubar Lanjutkan Pembangunan Jalan Muara Pahu Tembus Trans Kaltim
HUMASKAB KUBAR
Wakil Bupati Edyanto Arkan menjelaskan kepada camat dan masyarakat Muara Pahu mengenai rencana Pemkab Kubar melanjutkan pembangunan jalan dari Kecamatan Muara Pahu hingga jalan poros Trans Kaltim. 

SENDAWAR - Pemkab Kubar melalui APBD Tahun 2020 telah menganggarkan melanjutkan pembangunan jalan dari Kecamatan Muara Pahu hingga jalan poros Trans Kaltim.

Tujuannya membuka akses serta memberikan kemudahan kepada masyarakat kecamatan untuk melakukan proses perdagangan khususnya menjual ikan keluar kecamatan. Kecamatan Muara Pahu sudah sangat terkenal sebagai sentra penghasil ikan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE dalam acara Syiar Malam Puncak Gema Muharram 1441 H Di Kecamatan Muara Pahu, beberapa waktu lalu Senin (30/9/2019).

Pembangunan infrastruktur ke kampung-kampung di Kubar yang masih terisolir terus dilakukan.

Dari 190 kampung, 4 kelurahan,16 kecamatan dengan luas wilayah kurang lebih 20 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk 170 ribu jiwa, masih ada kurang lebih 60 kampung yang belum memiliki akses jalan serta blank spot. 

Oleh sebab itu Pemkab Kubar sangat fokus pada pembangunan infastruktur untuk mengkoneksikan antar kampung sehingga jalur perekonomian masyarakat semakin terbuka.

Akses kekampung sangat penting, oleh sebab itu jalan-jalan kekampung harus diperbaiki, jika infrastruktur baik maka sarana lainnya mengikuti, contoh listrik bagaimana mau membangun listrik jika belum memiliki akses jalan, oleh sebab itu kita sudah meningkatkan akses-akses jalan kekampung yang terisolir kita kejar dan telah dianggarkan pada APBD 2020.

Wabup menambahkan jalan merupakan kunci uatama keberhasilan pembangunan, karena jika jalan sudah bagus tentu bisa meningkatakan perekonomian kampung maupun kecamatan karena untuk membawa hasil dan memasarkan pertanian, perkebunan dan perikanan akan lebih mudah, serta akan lebih banyak para pembeli yang masuk langsung ke Kampung dan Kecamatan, sehingga perekonomian masyarakat akan lebih menggeliat.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati meminta agar Camat lebih proaktif membuat permohonan dan mengawal apa saja yang diusulkan kepada pemerintah kabupaten.

"Oleh sebab itu pihak kecamatan harus terus melakukan komunikasi, jika kecamatan tidak proaktif maka akan ketinggalan dan komunikasi itu sangat penting karena dengan komunikasi untuk mencapai tujuan, jadi pihak kecamatan jangan malu menyampaikan kebutuhannya, karena kebutuhan yang ada adalah kebutuhan masyarakat banyak," terang Wabup.(Hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved