Darurat Kabut Asap

Ada Alat Pemadam Api Canggih Tapi tak Ada Sumber Air, Pulau Derawan Masih Berpotensi Karhutla

Camat Pulau Derawan, Kudarat mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti, berapa luasan hutan dan lahan yang telah terbakar.

Ada Alat Pemadam Api Canggih Tapi tak Ada Sumber Air, Pulau Derawan Masih Berpotensi Karhutla
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
Satuan Tugas Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan atau Satgas karhutla memiliki peralatan yang modern. Namun peralatan ini tidak bisa digunakan secara maksimal karena di lokasi kebakaran sulit menemukan air untuk memadamkan api. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Kecamatan Pulau Derawan, Kalimantan Timur, menjadi salah satu kawasan yang memiliki Titik Panas sepanjang musim kemarau tahun 2019 ini mengalami kebakaran hutan dan lahan atau karhutla

Hal ini berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang di perbaharui setiap hari. Setiap kali muncul titik-tik panas, Kecamatan Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur selalu mendominasi.

Camat Pulau Derawan, Kudarat mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti, berapa luasan hutan dan lahan yang telah terbakar.

Menurutnya, selama ini, jika terjadi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, api sulit dipadamkan.

Karena tidak ada kases jalan menuju Titik Api.

“Kami sudah mendapat tambahan bantuan selang (untuk memadamkan api), tapi tetap saja tidak menjangkau lokasi," tuturnya.

"Apa lagi lokasi kebakarannya berpindah-pindah,” kata Kudarat.

Selain tambahan selang pemadam api, Kudarat mengatakan, Pulau Derawan, Berau, juga mendapat peralatan yang memadai untuk memadamkan kebakaran.

“Perlatan yang diberikan cukup canggih dan semuanya dalam kondisi baru. Tapi masalahnya tidak ada sumber air,” ungkapnya.

Untuk mendapat pasokan air, para petugas di lapangan harus berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh.

Halaman
1234
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved