Berita Pemkab Kutai Barat

Alokasikan Dana Pilkada 2020, Bupati: Pertanggungjawaban Harus Tepat Waktu, Efektif dan Efisien

Bupati Kutai Barat FX Yapan Tumenggung Singa Praja menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)

Alokasikan Dana Pilkada 2020, Bupati: Pertanggungjawaban Harus Tepat Waktu, Efektif dan Efisien
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kutai Barat FX Yapan Tumenggung Singa Praja menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres dan Kodim di gedung Aji Tulur Jejangkat, Selasa (1/10/2019). 

SENDAWAR - Bupati Kutai Barat FX Yapan Tumenggung Singa Praja menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres dan Kodim di gedung Aji Tulur Jejangkat, Selasa (1/10/2019).

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Bawaslu Provinsi Kaltim, Sekda Kubar, jajaran Forkompimda, para kepala Organisasi Perangkat Daerah, para Kabag, para Camat, Kepala Bankaltimtara, para Kabid dan Kasubid terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat.

"Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini akan mendukung jalinan sinergitas antarseluruh pihak terkait demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2020 mendatang di Bumi Tanaa Purai Ngeriman," kata BupatiYapan dalam sambutannya.

Yapan berharap, alokasi ini diharapkan dapat mensukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi di Kutai Barat. Oleh karena itu, Bupati mengajak segenap pihak melaksanakan fungsinya secara optimal.

"Seperti BKAD, terus kawal dengan baik proses ini hingga pada tahap pembayaran. Lakukan sesuai aturan hukum dan perundang-undangan. Kepada pihak terkait penerima dana hibah dapat melaksanakan pengelolaan hingga pertanggungjawabannya pun berjalan optimal sesuai peraturan dan perundang-undangan serta melaksanakan pelaporan keuangan tepat waktu. Jika ada hal-hal teknis untuk pelaporan dana hibah jangan sungkan untuk bertanya, proaktif kepada BKAD nantinya," kata Bupati berpesan.

"Selaku kepala daerah, saya menyampaikan harapan kepada seluruh pihak terkait agar turut serta mendukung suksesnya penyelenggaran pemerintahan ini agar hari esok Kutai Barat lebih baik daripada hari ini, terima kasih untuk seluruh pihak yang mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini," kata Bupati menambahkan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kubar, Riduai, ditemui usai acara mengungkapkan bahwa pendanaan pilkada 2020 mendatang sudah dapat direalisasikan.

"Maka kami dari DPRD sangat mendukung untuk penganggaran ini, semoga seluruh pihak terkait yang penerima hibah dapat bersama-sama untuk mendukung jalannya agenda ini nantinya dengan sangat baik dan lancar," ungkapnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kutai Barat Sahadi ditemui usai penandatangan menyebutkan, penganggaran Pilkda 2020 diajukan sesuai tahapan, oleh karenanya dibagi dalam APBD-P Tahun 2019 dan APBD Tahun 2020.

"Kemudian terkait proses persiapan, kami mengucapkan terima kasih kepada DPRD sebab agenda ini dapat dilakukan tepat waktu karena sistemnya juga berjalan tepat waktu, ini menandakan adanya keterkaitan antarlembaga," katanya.

Untuk mempercepat prosesnya, Sahadi dan timnya bakal ke Samarinda dalam waktu dekat untuk evaluasi anggaran Perubahan yang selanjutnya disampaikan kembali dalam Rapat dengan DPRD.

"Kemudian kepada masing-masing pihak yang menerima hibah ini, nantinya kami juga melaksanakan review SPJ sebab terkait pelaporan kami sangat ketat demi pengupayaan menuju WTP kelima berikutnya sebab keuangan sekarang terus dipantau oleh BPK, secara keseluruhan dari sisi keuangan kita sangat siap,"sebutnya.

Ketua KPUD Kutai Barat Arkadius Hanye dalam sebuah kesempatan menuturkan dengan dana yang ada, pihaknya yakin agenda pilkada dapat dilaksanakan secara baik dan maksimal.

"Saat ini dari pusat pun sudah tahapan berjalan dan kita di Kutai Barat juga menyesuaikan yang salah satunya dengan penandatanganan hari ini, kami berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat yang telah mendukung," tuturnya.

Untuk diketahui bahwa pada APBD-P Tahun 2019 yang mendapatkan Hibah yaitu KPU sebesar Rp 2.742.020.000 dan Bawaslu sebesar Rp 2.388.078.000. Sedangkan APBD Tahun 2020 yang mendapatkan Hibah yaitu KPU sebesar Rp 32.034.978.725, Bawaslu sebesar Rp 11.514.000.000, Polres sebesar Rp 4.400.000.000 dan Kodim sebesar Rp 3.000.000.000. (HMS11)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved