Ibu Kota Baru

Ditanya Soal Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara, Begini Tanggapan Bambang Kepala Bappenas

Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, memastikan pusat pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) berada di kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara.

Ditanya Soal Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara, Begini Tanggapan Bambang Kepala Bappenas
Tribunkaltim.co/fachmi rachman
Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro saat berada di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Panitia Khusus atau Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) bentukan DPR RI mulai bekerja.

Mereka sudah sambangi Kalimantan Timur, pun memanggil beberapa menteri ke DPR membahas soal rencana pemindahan ibu kota baru Republik Indonesia ke Kalimantan Timur.

Tercatat ada 7 fraksi mendukung pemindahan ibu kota baru, sementara fraksi Gerindra dan PKS kompak menolak.

Kali ini Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Tribunkaltim.co pada Rabu (2/10/2019), ia mengaku baru sekali dipanggil pansus DPR membahas soal pemindahan ibu kota baru.

Soal data kajian perencanaan ibu kota baru sempat dibahas para legislator.

Mereka turut meminta data yang komprehensif sehingga bisa menjalankan tugas pansus dengan baik.

"Ya, kan mereka bikin pansus seminggu, kita ketemu sekali, sifatnya membahas kajian. Memang kajian yang kita siapkan (masih) soal penetapan lokasi," katanya.

"Kan udah, minggu lalu. Sudah semua saya jelaskan. Sudah beberapa menteri jelaskan," tambahnya saat ditanya kesiapan memenuhi keinginan pansus DPR RI.

Disinggung soal beberapa fraksi yang menolak pemindahan IKN di Kaltim, Bambang menanggapinya dengan tenang. Pun dengan proses komunikasi bersama legislatif.

"Kita menerima masukan dari Pansus. Kajian yang kita siapakan kajian penetuan lokasi. Kalau kemudian ada masukan mengenai kota dibangun, menjaga lingkungan hidup, itu jadi tambahan finalisasi semua master plan di tahun depan," ungkapnya. 

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved