Berita Pemkab Kutai Barat

Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sekkab Kubar Sebut Pancasila Perekat Persatuan

"Sebab itu, tidak satu pun anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa berpikiran mencari pemersatu yang lain, selain Pancasila," tegasnya

Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sekkab Kubar Sebut Pancasila Perekat Persatuan
HUMASKAB KUBAR
Sekkab Kubar Yacob Tullur menjadi inspektur upacara. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 digelar Pemkab Kubar di Alun-Alun ITHO, Komplek Perkantoran Bupati Kubar, Barong Tongkok, Selasa (1/10/2019). 

SENDAWAR - Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 digelar Pemkab Kubar di Alun-Alun ITHO, Komplek Perkantoran Bupati Kubar, Barong Tongkok, Selasa (1/10/2019). Sekkab Kubar Yacob Tullur menjadi inspektur upacara.

Yacob Tullur menilai Pancasila merupakan salah satu aset penting bangsa Indonesia yang tidak hanya menjadi dasar negara, tetapi juga menjadi jiwa perekat persatuan bangsa.

"Sebab itu, tidak satu pun anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa berpikiran mencari pemersatu yang lain, selain Pancasila," tegasnya.

Dia menambahkan, mulai sejak usia dini, dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak, SD, SMP dan jenjang pendidikan selanjutnya harus terus menanamkan dan memberikan pemahaman serta mempertahankan bahwa Pancasila sebagai dasar negara. Salah satu contohnya, menghafal Pancasila dan pembukaan UUD 1945.

Dia memaparkan banyak peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang harus diingat oleh masyarakat, apalagi generasi muda. Salah satunya peristiwa Gerakan 30 September 1965 silam.

Peristiwa itu, memberikan goncangan yang cukup dasyat. Karena ada beberapa paham diduga, akan menggantikan Pancasila ini. Jika bangsa Indonesia saat itu tidak kokoh dan bersatu akan mengancam stabilitas negara.

Tetapi dengan semangat 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI seluruh rakyat Indonesia akan terus bersatu dengan teguh.

"Sehingga sampai hari ini, kita tetap menjadi satu bangsa Indonesia yang di bawah dasar dan lambang negara. Yakni, Pancasila,"ujarnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved