Polair Polres Balikpapan Amankan 2.800 Kepiting Berukuran Kurang Dari 16 Cm, akan Dikirim ke Kalsel

Polair Polres Balikpapan berhasil mengamankan sebanyak 2.800 kepiting ukuran kurang dari 16 cm di Kecamatan Balikpapan Selatan

Polair Polres Balikpapan Amankan 2.800 Kepiting Berukuran Kurang Dari 16 Cm, akan Dikirim ke Kalsel
tribunkaltim.co/Aris Joni
Polair Polres Balikpapan lepas ribuan kepiting 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Polair Polres Balikpapan berhasil mengamankan sebanyak 2.800 kepiting ukuran kurang dari 16 cm di Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan Rabu, (2/10/2019) sekira pukul 15.30 Wita.

Kapolres Balikpapan, Wiwin Fitra melalui Kasat Polair Polres Balikappan, Iptu Alpon Pasaribu menjelaskan, awalnya unit Lidik Gakum Sat Polair Polres Balikpapan mendapatkan informasi dari masyarakat adanya pengiriman kepiting di bawah standar ukuran.

Diketahui, kepiting ukuran kurang dari 16 cm dilarang untuk ditangkap.

Pengusaha Kepiting Balikpapan Ini Divonis Penjara 1,6 Tahun, Terdakwa dan Jaksa Ajukan Banding

200 Kg Kepiting Olahan di Balikpapan Dimusnahkan dengan Cara Disiram Minyak Lalu Dibakar

Banjir di Penajam, Rendam Rumah di 2 RT, Drainase Buruk Dipenuhi Sampah Kepiting dan Saluran Sempit

Ribuan kepiting tersebut sedang diangkut menggunakan kendraan pick up dari Manggar, Balikpapan Timur.

"Kepiting akan diangkut dengan tujuan Kota Baru Kalimantan Selatan melewati pelabuhan Fery Kariangau," ujarnya, Kamis, (3/10/2019).

Mendapat laporan tersebut ucap Alpon, pihaknya langsung mengamankan kendaraan yang sedang mengangkut kepiting tersebut di Jalan Ruhui Rahayu beserta sopirnya berinisial KH (48) warga Kota Baru, Kalsel.

"Ketika dkita lakukan pemeriksaan ternyata ada muatan kepiting dengan jumlah 16 Boks dan selanjutnya di bawa ke Mako Sat Polair untuk proses lebih lanjut," ucapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan sopir tersebut, kepiting itu akan diantarnya kepada pemiliknya yakni Ancu, Irfan dan Akbar.

Berdasarkan perbuatannya, pelaku akan dikenakan Pasal 100 C Jo Pasal 7 ayat (2) huruf J Undang Undang N0 45 Tahun 2009 Tentang perubahan Undang Undang RI No 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan.

"Barang bukti yang kita amankan adalah Satu unit Mobil Pick up warna Hitam Nomor Polisi DA 8659 GG, 16 boks yang tiap boksnya berisi 180 ekor kepiting.

Sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 2.800 kepiting," tutupnya. (*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved