Berita Pemprov Kalimantan Timur

Yakin Tak Ada Resistensi, Gubernur dan Para Menteri Pilih Kunjungi Sepaku, Calon Ibu Kota Negara

Beberapa lokasi yang dikunjungi di Sepaku adalah Desa Bumi Harapan, Kelurahan Pemaluan, Desa Binuang, Desa Telemow dan Kelurahan Maridan.

Yakin Tak Ada Resistensi, Gubernur dan Para Menteri Pilih Kunjungi Sepaku, Calon Ibu Kota Negara
HUMASPROV KALTIM/YUVITA
Gubernur Kaltim Isran Noor berbincang dengan Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil bersama saat memilih berkunjung ke sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (2/10/2019). PPU Menyaipkan lahan di Sepaku sebagai calon Ibu Kota Negara baru. Kunjungan ini dilakukan bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan para jurnalis ibu kota. 

BALIKPAPAN – Secara terbuka Presiden Joko Widodo memang belum mengungkap di mana titik koordinat calon ibu kota negara (IKN) pengganti Jakarta. Namun Rabu (2/10/2019), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri Agraria Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil bersama Gubernur Kaltim Isran Noor memilih berkunjung ke sejumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Beberapa lokasi yang dikunjungi di Kecamatan Sepaku adalah Desa Bumi Harapan, Kelurahan Pemaluan, Desa Binuang, Desa Telemow dan Kelurahan Maridan.

Gubernur Isran Noor tak menyoal di mana pun koordinat IKN itu nantinya ditetapkan. Satu yang pasti kata Isran, Kaltim akan selalu siap memberi dukungan penuh terkait rencana pemindahan IKN ini.

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama Meneteri ATR Sofyan Djalil didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu (2/10/2019). Sepaku disiapkan sebagai calon ibu kota negara. Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Desa Bumi Harapan, Kelurahan Pemaluan, Desa Binuang, Desa Telemow dan Kelurahan Maridan.
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro bersama Meneteri ATR Sofyan Djalil didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor meninjau ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu (2/10/2019). Sepaku disiapkan sebagai calon ibu kota negara. Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Desa Bumi Harapan, Kelurahan Pemaluan, Desa Binuang, Desa Telemow dan Kelurahan Maridan. (HUMASPROV KALTIM/SYAIFUL ANWAR)
Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan kepada Menteri ATR Sofyan Djalil, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegro dan para jurnalis mengenai kondisi dan lokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu (2/10/2019). Sepaku kini disapkan untukmenjadi lokasi pemindahan ibu kota negara baru.
Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan kepada Menteri ATR Sofyan Djalil, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegro dan para jurnalis mengenai kondisi dan lokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu (2/10/2019). Sepaku kini disapkan untukmenjadi lokasi pemindahan ibu kota negara baru. (HUMASPROV KALTIM/SYAIFUL ANWAR)

"Sejak awal, pemerintah dan masyarakat Kaltim sangat bahagia dan gembira. Itu modal penting untuk mewujudkan sebuah ibu kota negara. Jadi tidak ada resistensi, tidak ada penolakan dari masyarakat Kaltim," jawab Isran saat ditanya puluhan wartawan nasional dan lokal usai peninjauan ke sejumlah lokasi di Kecamatan Sepaku, Selasa (2/10/2019).

Masyarakat setempat dan masyarakat Kaltim secara umum diyakini Isran pun siap menerima para pendatang. Sebab Kaltim yang heterogen sudah sejak berabad-abad lalu sangat terbuka dengan kehadiran pendatang.

"Yang jelas, kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyiapkan diri, meningkatkan kualitas dan kemampuan agar mampu terlibat dalam proses ini dan tidak hanya menjadi penonton. Harus bisa mengambil manfaat dari pemindahan IKN ini," seru Isran.

Isran Noor sepaku bambang sofyan djalil IKN
Gubernur Kaltim Isran Noor tiba di Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu (2/10/2019). Ia menjelaskan kepada Menteri ATR Sofyan Djalil, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegro dan para jurnalis mengenai kondisi dan lokasi di Kecamatan Sepaku, 
Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan kepada Menteri ATR Sofyan Djalil, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegro dan para jurnalis mengenai kondisi dan lokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Rabu (2/10/2019). Sepaku kini disapkan untukmenjadi lokasi pemindahan ibu kota negara baru.
Gubernur Kaltim Isran Noor tiba dermaga di Sepaku, Kabupaten PPU, Ra bu (2/10/2019). Ia menjelaskan kepada Menteri ATR Sofyan Djalil, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegro dan para jurnalis mengenai kondisi dan lokasi kecamatan tersebut. Sepaku kini disapkan untukmenjadi lokasi pemindahan ibu kota negara baru. (HUMASPROV KALTIM/SYAIFUL ANWAR)
Sepaku kini disapkan untukmenjadi lokasi pemindahan ibu kota negara baru.

Sebelumnya, mengawali kunjungan kemarin, rombongan juga sempat menyaksikan progress pembangunan bentang panjang Jembatan Pulau Balang yang akan menghubungkan Kabupaten PPU dan Kota Balikpapan, sekaligus menjadi salah satu infrastruktur pendukung IKN. (yuv/sul/ri/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved