Berita Pemkot Tarakan

906 Nelayan Dapat Asuransi dan 147 Orang Tarakan Dapat Kartu Kusuka, Ini Manfaatnya

kartu ini merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sehingga anggaran program ini ditanggung pemerintah pusat.

906 Nelayan Dapat Asuransi dan 147 Orang Tarakan Dapat Kartu Kusuka, Ini Manfaatnya
TRIBUNKALTIM.CO/JUNISAH
Walikota Tarakan Khairul secara simbolis menyerahkan Kartu Kusuka dan Asuransi Nelayan kepada perwakilan nelayan Kota Tarakan, Jumat (4/10/2010) di Ruang Imbaya Kantor Walikota Tarakan. 

TARAKAN - Senyum sumringah terpancar dari raut wajah dari perwalikan nelayan Kota Tarakan di Ruang Imbaya Kantor Walikota Tarakan, Jumat (4/10/2019) 

Pasalnya perwakilan nelayan yang berkumpul di Kantor Walikota Tarakan mendapatkan Kartu Asuransi Nelayan dan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka)

Penyerahan dua kartu masing-masing Kartu Asuransi Nelayan dan Kusuka diserahkan langsung Walikota Tarakan Khairul kepada perwakilan nelayan.

Khairul mengungkapkan, kartu ini merupakan program dari pemerintah pusat melaluu Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sehingga anggaran program ini ditanggung pemerintah pusat.

"Dengan program ini tentunya nelayan sangat senang, karena mendapat perhatian begitu besar dari pemerintah pusat. Apalagi pelaku usaha kelautan dan perikanan di Kota Tarakan ini mencapai 6.000 orang dan nelayan ada 4.000 orang," ungkapnya.

Menurut Khairul, dari jumlah ini, Kota Tarakan yang mendapatkan Kusuka ada 147 orang. Sedangkan Kartu Asuransi Nelayan ada 906 orang.

"Kedepannya program ini akan terus berlanjut. Sebab untuk mendapatkan dua kartu ini pelaku usaha kelautan dan perikanan, termasuk nelayan harus terlebih dahulu divalidasi dan terverifikasi," ujarnya.

Orang nomor satu di Tarakan ini mengatakan, dua kartu ini memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk kartu asuransi nelayan ini, para nelayan mendapatkan tanggungan kecelakan kerja maupun meninggal dunia karena sakit.

"Kalau Kusuka ini pelaku usaha perikanan dan kelautan, seperti nelayan dan rumput laut ini dapat dengan mudah mengajukan kredit dari perbankan yang ditunjuk pemerintah pusat. Nelayan pun dapat mengetahui cash flownya, termasuk apabila mendapatkan bantuan dari pemerintah. Jadi Kusuka semacam ATM gitu lah," ungkapnya.

Euis Mulyani, salah satu pelaku usah rumput laut sangat senang dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dengan adanya Kusuka.

"Kusuka ini saya yakin sangat membantu, apabila saya dan teman lainnya ingin mengajukan pinjaman di bank untuk menambah modal usaha dapat cepat cairnya," ujarnya. (advetorial/jnh)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved